Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

ASAL MULA PENAMAAN PRAPATAN GOCENG

Ada yang unik dan menarik dengan judul diatas untuk dibahas. Prapatan Goceng, sebuah cerita suatu tempat yang berada di Jalan Raya Serang Setu. Lokasi ini tepatnya bersebelahan antara Kampung Setu Desa Telajung Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi dengan Kampung Rawa Atug Desa Cibening dan sawah buntung. Jika di perkampungan, penamaan suatu tempat bukan hanya sekedar penamaan saja melainkan mengandung makna dan tujuan yang tersirat seperti nama - nama kampung Cikedokan, Cisaat, Tonggong Londok dan Ciledug.


Bagi warga sekitar nama prapatan goceng sudah tidak asing lagi ditelinga mereka. Sebelum adanya ponsel pintar seperti sekarang ini, lokasi tersebut sering dijadikan titik temu bagi para pendatang baru/warga luar untuk mencari alamat keluarga mereka dan muda mudi yang berpacaran (Ngelancong).

Beberapa tahun yang lalu, kalau admin tidak salah menyebutkannya pada tahun 2000an terdapat sebuah warung kopi yang dihuni oleh kaum ibu-ibu rumah tangga penjual macam - macam jenis kopi, mie rebus dan makanan ringan lainnya. Jauh sebelum adanya warung, tempat ini adalah tempatnya para warga menggembalakan kerbau dan kambing mereka karena banyak alang - alang dan rumput hijau serta empang yang dalam tempat memandikan ternak.

Warung kopi, sebutan yang sedang trend kala itu. Banyak orang dari luar desa berkunjung menyempatkan diri untuk sejenak isitirahat dan menikmati segelas kopi. Dalam ramah tamahnya pelayanan dari pemilik warung kopi, tidak heran banyak kalangan usia yang penasaran dengan aroma kopi hasil racikannya. Pada tahun 2000an untuk harga normal segelas kopi sekitar 1.500 (seribu lima ratus rupiah). Nah lucunya disini, pemilik warung mematok harga sebesar 5.000 (lima ribu rupiah) untuk segelas kopi hitam dengan rayuan yang manja dan sedikit menggoda para pelanggannya.

Dengan kejadian tersebut banyak warga sekitar yang memplesetkan tempat itu dengan sebutan Prapatan Goceng sampai sekarang. Jika dulu prapatan ini luas bisa parkir beberapa mobil. Sayangnya sekarang lokasi tersebut semakin sempit karena keserakahan bangunan yang memakan jalan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar