Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Belajar SIMBOS tahapan pengelolaan asset yang ada di Pemerintahan

Tahukan anda tentang istilah dan fungsi program aplikasi SIMBOS, SIMDA-BMD dan SIMDA Keuangan?

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan secara singkat mengenai ketiga aplikasi tersebut. Simda adalah singkatan dari Sistem Manajemen Daerah yang berfungsi sebagai alat auditor terpercaya untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan suatu negara menuju pemerintahan yang baik dan bersih khususnya Indonesia.

SIMBOS adalah Sistem Informasi manajemen Bantuan Operasional Sekolah. Program aplikasi ini mulai diterapkan awal bulan Januari 2018 oleh pemda setempat sebagai dasar acuan dalam penyusunan RKA sekolah. Semenjak UPTD ditiadakan, kini para operator sekolah sibuk modar mandir menuju pemda hanya untuk input penyusunan draf RKA yang belum tentu di acc oleh pejabat yang berkaitan. Karena keterbatasannya server tersebut terpaksa para operator sekolah mau tidak mau bekerja diluar jam kerja mereka demi terlaksananya program pemerintah yang baik dan bersih.

DOWNLOAD
Download aplikasi rptbarang manual

SIMDA BMD adalah suatu program aplikasi pencatatan aset aset milik daerah termasuk belanja barang/modal yang bersumber dari dana BOS untuk seteterusnya diaudit oleh tim BPKP. Program aplikasi SIMDA BMD terdiri dari :

  • KIB A = Tanah 
  • KIB B = Peralatan dan Mesin 
  • KIB C = Gedung dan Bangunan 
  • KIB D = Jalan, Irigasi dan Jaringan 
  • KIB E = Aset Tetap Lainya 
  • KIB F = Konstruksi Dalam Pengerjaan 
  • ........... = Aset lainnya 

SIMDA keuangan fungsinya sama seperti SIMBOS yaitu program aplikasi penyusunan draf RKA SKPD di tiap tiap instansi pemerintahan. Sebenarnya program aplikaai SIMBOS itu dasarnya aplikasinya dari SIMDA keuangan, hanya beda sebutannya saja. Mungkin menurut admin sebutan tersebut hanya sebagai pembeda agar pelaporan kedepannya bisa terukur. SIMDA keuangan bersumber dari anggaran daerah sedangkan SIMBOS bersumber dari pemerintah pusat.

Berikut ini tips cara input kode rekening pada aplikasi SIMBOS dengan SIMDA-BMD agar tidak terjadi kesalahan dalam penempatan kode rekening. Sebelum input langsung ke aplikasi tersebut admin sarankan kerjakan secara manual terlebih dahulu dengan bantuan rptbarang. Perhatikan langkah dibawah ini:

  1. Warna kuning untuk mencatat jenis belanja pencatatan di RKA SIMBOS
  2. Contoh : Cari printer dikolom yang berwarna kuning, gunakan fasilitas filter maka akan muncul 7 item printer 
  3. Pilih yang sesuai dengan kelompok yang di blok merah yaitu : Peralatan Personal Komputer
  4. Hasil yg di blok merah ini lah yang akan digunakan untuk di SIMBOS 
  5. Perhatikan setiap kode rekening karena kode rekening SIMBOS dengan SIMDA-BMD itu BERBEDA tapi jenis uraiannya tetap sama

Panduan ini dikuhususkan bagi para pengelola keuangan atau operator sekolah yang ada di lingkungan pemerintahan yang sudah mendapatkan tugas. Bagi khalayak umum juga tidak ada salahnya untuk belajar, barang kali suatu saat nanti bekerja di instansi pemerintah. Terima Kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar