Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Bunyi yang mengganggu di area ventilator Honda Brio

Bunyi yang mengganggu di area ventilator Honda Brio. Tahukan anda bahwa penyebab bunyi yang mengganngu saat kita berkendara tidak hanya bunyi yang umum terjadi di sekitaran pilar A. Bagi pemilik Honda Brio Jangan panik dulu, semua masalah pasti ada solusinya. Kejadian bunyi yang menggangu ini saya alami sekitar awal bulan Februari 2018. Ketika itu kendaraan saya, saya ajak ke suatu daerah yang ada di Jawa Barat tepatnya Pantai Pangandaran. Ya Pantai Pangandaran yang lokasinya cukup juah dari tempat saya (Cikarang).

Destinasi wisata Pantai Pangandaran yang saya kunjungi benar - benar menguras tenaga, tetapi rasa lelah itu terobati ketika saya sampai disana, apalagi jika anda mau menympatkan diri berkunjung ke Citumang.

Langsung saja ke-inti permasalahan ya. Brio saya keluaran awal tahun 2017, selama pemakain kurang lebih 1 tahun tidak ada kendala yang berarti alias saya sangat puas. Menginjak umur 2 tahun baru terasa ada yang tidak beres. Muncul bunyi - bunyi aneh yang sangat mengganggu ditelinga saya. Bunyi itu terdengar sampai kedalam kabin dan sangat mengganggu konsentrasi buat saya pribadi. Bagi anda penikmat sunyi pasti akan dibuat jengkel oleh bunyi tersebut.

Lama berselang, gajian pun tiba. Sontak langsung kendaraan kebanggan saya bawa ke bengkel resmi terdekat. Disana saya datang pagi Pukul 06.30 WIB, jam 08.00 baru ditangani oleh mekanik. Bayangkan dari pagi sampai waktu menjeng ashar apa yang terjadi??? Apakah menurut anda keluhan yang saya sampaikan ke kepala mekanink terselesaikan???? Tidak, tidak sama sekali. Bunyi tersebut malah terdengar makin kencang...... Saya tidak mau berprasangka dulu, mungkin bagi mereka ini adalah temuan baru karena sebelum sebelumnya tidak ada keluhan yang saya utarakan seperti ini dan semoga kedepannya mereka bisa menemukan jawaban yang memuaskan bagi para customernya.


Saran saya, bagi anda yang pernah mengalami permasalahan seperti saya ini lebih baik jangan langsung dibawa ke bengkel dulu. Dengarkan baik - baik titik sumber bunyi yang paling jelas terasa. Sebenernya permaslahannya hanya sepele dan tidak butuh uang untuk perbaikannya jika kita tahu titik sumber bunyi tersebut. Jika pilar A dan pilar B sudah dicek tetapi masih ada bunyi, lanjut periksa ke bagian dashboard penumpang kiri tepatnya dibawah kipas AC (periksa). Dan lagi - lagi jika bunyi tersebut masih belum hilang (pengalaman saya) lakukan pengecekan diarea depan bagian ventilator sebeleh kiri. Buka kap mesin, goyang - goyang plat kaleng yang bersinggungan antara rumah shockbreker dengan lempengan kaleng kedudukan ventilator. Ternyata keluhan yang selama ini saya sampaikan ke pihak bengkel dan mereka pun tidak menemukan solusi, ternyata oh ternyata disini sumbernya.

Demikian kisah saya bersama Honda Brio. Semoga bagi pemilik Brio yang memiliki pengalaman sama seperti saya bisa bisa melakukan langkah - langkah yang saya utarakan diatas.



Salam,
Brionesia #3322

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar