Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Instal Aplikasi SyncJabarProv Terbaru


Daerah Propinsi Jawa Barat telah mngeluarkan kebijakan terkait proses sinkronisasi yang mewajibkan masing – masing Sekolah dibawah naungan propinsi untuk melakukan sinkron tersendiri. Hal ini dimaksudnya agar lebih memudahkan dalam pendataan di tiap – tiap wilayah.

Dibawah ini adalah tahapan – tahapan untuk melakukan proses instalisasi:
  1. Download file installer SyncJabarProv.exe dari url sync.disdik.jabarprov.go.id 
  2. Jalankan installer tersebut, lalu klik kanan run as administrator. Perlu diingat bahwa pada saat proses instalasi, usahakan dalam keadaan koneksi internet sedang online agar berjalan dengan lancar yang nantinya akan muncul pop up tekan accept untuk melanjutkan. 
  3. Aplikasi ini akan terinstall pada program drive C:\SyncJabarProv , tunggu beberapa saat sampai proses installasi selesai. Biasanya aplikasi otomatis akan terbuka pada browser crome maupun modzila 
  4. Seterusnya jika akan membuka kembali aplikasi ini tinggal pergi ke drive C pilih SyncJabarProv menggunakan double klik atau klik kanan run as administrator 
  5. Untuk tahap awal menjalankan aplikasi harap terlebih dahulu dilogin-logoutkan. 
  6. Dapodik akan melakukan refresh pada browse sehingga status koneksi akan berubah menjadi ON. Pada opsi Daftar Sekolah akan ditampilkan nama sekolah yang aktif dalam aplikasi DAPODIK (contoh: SDN SUKARASA 05) 
  7. Selanjutnya pilih tombol Sync DAPODIK SEKOLAH ke Server Disdik Jabar , untuk memulai proses sinkronisasi. Tunggu beberapa saat jika beruntung, prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun jika server dalam keadaan sibuk terkadang prosesnya bisa lebih dari 15 menit dan tergantung pada banyaknya kapasitas data sekolah serta kecepatan koneksi internet yang digunakan. 
  8. Apa bila terjadi kegagalan pada proses instalasi, buka kembali folder drive C, pilih file uninstal.exe. 
  9. Terakhir adalah Jangan pernah melakukan proses sinkronisasi apabila aplikasi dapodik dalam keadaan logon (logout terlebih dahulu aplikasi dapodik) bukan tidak mungkin hal ini dimaksudkan untuk menjaga atau menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan pada aplikasi yang bisa menyebabkan eror. 
Demikianlah tutorial singkat yang bisa saya bagikan melalui postingan ini. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan sebanyak - banyaknya. Terima kasih. Jika ada pertanyaan, silahkan kirim komentar dibawah ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar