Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara isi aplikasi Alpeka BOS Tahun Anggaran 2020

Sebelum menjalankan aplikasi ada baiknya mengisi 1.1 biodata/data umum terlebih dahulu seperti tahun anggaran, nama sekolah, NPSN, NSS, Jumlah siswa kelas 1 sampai kelas 6 (total seluruh siswa), Alamat sekolah, Nama kepala sekolah, Komite dan Bendara.

Selanjutnya, pada sheet 1.2 program sekolah isikan kegiatan yang ada di RKAS yang telah di konsep dan telah di sahkan oleh panitia penyusun RKAS. Pada kolom sekolah pilih ya atau tidak dan pada komponen 1 sampai komponen 11 pilih ya saja semuanya. Untuk komolm 12 dan 13 pilih tidak (semuanya) karena pada tahun 2018 hanya sampai 11 komponen saja. Pada alpeka rev B ini sudah admin sesusaikan dengan permendikbud tahun 2017.

Setelah 1.2 program sekolah diisi, lakukanlah proses generate data dan simpan database tersebut berdekatan demgan master alpeka agar tidak bingung dalam mencarinya. Buka file hasil generate dengan tulisan BOS 2018 - SDN SUKASEDIH 05 - DATA. Pada file hasil generate inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengisi laporan realisasi terima dan realisasi keluar. untuk rencana terima dan rencana keluar abaikan saja karena pada menu tersebut sebenarnya sama saja dengan RKAS manual. Tapi jika ingin mencobanya silahkan diisikan saja sebagai pembelajaran.

BACA JUGA : Juknis BOS Nomor 18 Tahun 2019 Pengganti Nomor 3 Tahun 2019

Masih dengan file hasil generate, sebelum masuk ke sheet realisasi keluar disini kita diwajibkan mengisi sheet realisasi terima terlebih dahulu. Pertama kita isikan pembukuan tahun anggaran sebelumnya. Langkah pengisiannya seperti dibawah ini :

  • Tanggal transaksi 31 Desember 2017, pilih bank, nomor bukti kosongkan saja, uraian isi dengan saldo bank tahun 2017, sumber dana pilih sisa Bos Pusat, Pajak kosongan dan Jumlah isi dengan yang ada di buku rekening sekolah;
  • Tanggal transaksi 31 Desember 2017, pilih kas, nomor bukti kosongkan, uraian isi dengan saldo kas tunai tahun 2017 (Jika tidak ada kas tunai, isikan saja dengan ["0" nol tanpa tanda petik], jika ada saldo kas tunai, isikan dengan jumla saldo kas tunai yang ada di bendahara sekolah)

untuk penerimaan jumlah BOS triwulan 1 dan cara input bunga bank, perhatikan contoh diatas.

  • Untuk penarikan non tunai atau (pemindahbukuan non tunai), kita harus isi di sheet realisasi terima dan realiasasi keluar. pada realisasi terima pada kolom bank/kas kita isikan dengan kas, sedangkan pada realisasi keluar kita isikan dengan bank (pergeseran pemindahbukuan non tunai).

Pada potongan bank/biaya administrasi bank dan pajak bank isikan di sheet realisasi keluar seperti contoh diatas.

setelah semuanya isi dan disesuaikan dengan pengeluaran sekolah selanjutanya simpan data file tersebut. kembali ke master alpeka (menu utama aplikasi BOS) pilih sheet laporan, pilih jenis laporan dari K3 sampai K7a, periode, tahun anggaran, dan triwulan. Terakhir pada file sumber data pilih browser... cari file hasil generate yang sudah disimpan BOS 2018 - SDN SUKASEDIH 05 - DATA. Jika semuanya sudah sesuai selanjutnya cetak laporan.

Demikian cara isi aplikasi alpeka BOS yang bisa admin terangkan, jika ada pertanyaan bisa kirim komentar dibawah ini atau masuk ke menu Contact US. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar