Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Mengenal apa itu PMP dan Cara Cepat Mengerjakannya

PMP adalah kepanjangan dari Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pasal 6 ayat (2) dinyatakan bahwa siklus kegiatan memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan; membuat perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pembangunan ; Pendidikan; dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya.


Ganti Kualitas video dari mode 360P ke-720P untuk menghasilkan gambar yang jelas/jernih

Pada prinsipnya Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu pemetaan mutu yang prosesnya terkait dengan pengumpulan, pengolahan, analisis data dan informasi tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional yang dilaksanakan di tiap sekolah melalui evaluasi diri sekolah (EDS).

Pemetaan mutu pada level kewilayahan dilakukan oleh pemerintah daerah dan pusat dengan menghimpun hasil evaluasi diri sekolah (EDS) melalui instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh pemerintah pusat dengan bantuan aplikasi pengumpulan data terpadu berbasis komputer yang ada di sekolah (DAPODIK) dan dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk para pendidik di tingkat SD, SMP dan Menengah agar segera mengisi quisioner pemetaraan yang terdapat pada aplikasi PMP. Tiap tiap sekolah bisa membentuk tim yang relevan agar dapat mengawal proses pengumpulan data secara optimal.

Berikut trik langkah cepat dalam pengisian quisioner pemetaan dengan beberapa komputer/laptop:

  • Siapkan komputer/laptop yang sudah teriinstal apikasi PMP dan sebelumnya sudah terinstal aplikasi Dapodik untuk dijadikan server utama.
  • Nyalakan koneksi internet, bisa dari ponsel untuk tetring ke semua komputer.
  • Tekan tombol Windows + Q
  • ketik CMD selanjutnya ketik ipconfig

  • tulis IP adress tersebut di kamputer yang lain yang terhubung internet yang sama (contoh disini 192.168.8.101:1745 (contoh kode localhost PMP misalnya :1745)
  • Selamat, kini anda bisa mengerjakan quisioner PMP secara bersama - sama dengan email masing - masing yang terintegrasi dengan aplikasi Dapodik.

Sedikit informasi dari admin bahwa dalam pengisian quisiner PMP banyak yang menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama faster PMP. Admin tidak menyarankan untuk mengunakan aplikasi tersebut karena akan merusak kemurnian data. Terima Kasih.

UPDATE

Pada aplikasi EDS PMP offline versi 2019.11 ini ketika akan disharing ke banyak komputer/laptop dan smartphone ternyata tidak dapat login dengan keterangan pengguna tidak ditemukan. Oleh sebab itu untuk mengatasinya silahkan anda unduh file JS PMP 2019.11, kemudian tipa-kan file tersebut pada folder js EDSDikdasmen yang terletak pada urutan EDSDikdasmen > dataweb > frontend > static > js.


Setelah semua tahapannya anda ikuti dengan teliti, silahkan coba login di banyak komputer atau laptop maupun smartphone. Trik ini sebelumnya telah saya ujikan dan berhasil 100% di banyak perangkat komputer/laptop maupun smartphone. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar