Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

PINTU KEBAIKAN DAN KEMULYAAN

Beberapa jam lagi kedepan, orang Islam akan kembali menunaikan rukun Islamnya, yaitu puasa Ramadhan. Ibadah puasa Ramadhan merupakan ibadah khusus yangg dilaksanakan setiap tahun, karena selama bulan ini terdapat hikmah yangg istimewa bagi umat Islam, baik berkah, rahmat, ampunan dan pembebasan dari ragam dosa dan azab Allah baik duniawi maupun ukhrawi.

Karena Ramadhan Karim adalah bulan suci, maka agama islam yang akan memasukinya haruslah dalam kondisi suci dan ikhlas, dengan saling menghalalkan berbagai salah khilaf, baik disengaja maupun tidak. Memang untuk saling tolong dan memaafkan serta ikhlas dan mengikhlaskan tidak pula harus mencampurnya Ramadhan, namun karena bulan Ramadhan adalah bulan kebaikan dan kemulyaan, maka siapa saja yang ingin menempa diri menjadi baik dan mulya disisi Allah SWT, harus sudah dapat melepaskan sangkut paut manusia dengan sesamanya, dengan kata lain dia harus baik dan mulya disisi manusia, dengan saling mengikhlaskan secara bathiniyah.

Maka itu dalam QS. Ali Imran ayat 133, Allah ingatkan kita, bahwa salah satu konkret orang takwa dan baik adalah menahan amarah dan memaafkan (mengikhlaskan) kesalahan orang. Jadi meminta maaf adalah mulya, dan memaafkan orang-orang yangg telah menzalimi kita adalah jauh sangat mulya dan baik di sisi Allah SWT. Sebuah hadis Riwayat Muslim mengatakan “orang yg selalu ikhlas dengan saling memaafkan senantiasa mendapat pertolongan dan pertobatan Allah”.

Ramadhan Karim, mengajarkan kita untuk melawan amarah, sabar dalam segala kondisi yang menggoda, bertahan agar tidak larut dalam semua pesona dunia. Kunci untuk dapat merespon dalam hal ini adalah dengan mengendalikan nafsu kita yang senantiasa menggiring ke arah kedzaliman dan keangkara murkaan.

Rasulullah SAW dalam hal ini mengarahkan "la taghdaf walakal jannah". Jangan marah, bagimu adalah surga. Artinya marah Adalah Pintu kejahatan, kezaliman Dan Angkara Murka yg DAPAT menjatuhkan sejatinya Kemanusiaan. ikhlas Sedangkan Dan saling memaafkan Adalah Pintu - Pintu kemulyaan Dan Kebaikan Dan wujud takwa disisi Allah SWT.

ikhlas Tindakan Dan saling memaafkan Penyanyi sejalan DENGAN tujuan berpuasa Dibulan suci Ramadhan, sebagaimana ditegaskan QS Albaqarah 183, “la'alakum tattaqun” agar kamu bertakwa.

Semoga kitd Mampu Membuka Pintu - Pintu kemulyaan Dan Kebaikan Dan menggapai predikat takwa di Sisi Allah SWT DENGAN berkah Ramadhan Karim Tahun inisial. Aamiin !!

Selamat menunaikan ibadah Ramadhan 1440H.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar