Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Suka Duka Blogger Pemula

Artikel ini menceritakan tentang bagaimana rasanya menjadi seorang blogger pemula yang bercita - cita ingin menghasilkan pendapatan sampingan dari internet. Menjadi seorang blogger yang berbeda dengan para blogger yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia maya itu sangatlah sulit jika ingin bersaing pada rank pertama mesin pencari (google). Kita dituntut untuk menghasilkan suatu konten yang berkualitas dan bernilai positif bagi pengunjung serta berbeda dengan yang lainnya. Kalau hanya sekedar copy paste dari situs milik orang lain si ya gampang gampang saja, bahkan sangat gampang hanya tinggal copy paste. Tapi memangnya kalian mau kalau suatu saat nanti dicap sebagai blogger plagiat?? tidak mau kan!

Admin mulai menekuni dunia blogging mulai tahun 2010an, pertama kali mendaftarkan diri pada blogspot yang kemudian disusul dengan wordpress. Masing - masing tema situs tersebut jenisnya bermacam - macam, ada tema gado - gado, tutorial, sampai membahas tentang software. Sayangnya semua situs tersebut sudah admin nonaktifkan karena ada beberapa kendala dan sempat vakum sekitar 2 tahun.

Salah satu yang membuat admin vakum selain karena rasa jenuh dan fokus pada pekerjaan ada sedikit cerita ketika situs yang membahas tentang software mendapatkan pemberitahuan bahawa situs tersebut melanggar kebijakan dan dianggap menyebarkan software secara ilegal. Menghasilkan uang sepeserpun tidak pernah admin terima pada konten tersebut, bagaimana tidak pusing coba? Baru mau membangun sudah diminta pertanggung jawaban atas pelanggaran yang admin sama sekali tidak tahu dan belum paham atas masing - masing kebijakan suatu wilayah/negara. Anehnya ko diluaran sana banyak situs yang menyebarkan software secara ilegal masih fine - fine saja sampai sekarang, bahkan sangat gampang mencarinya.

Sekedar mengingatkan bagi calon - calon blogger pemula, jika kalian ingin membangun suatu situs usahakan jangan yang aneh - aneh. Buatlah konten yang berkualitas dan bernilai positif bagi pengunjung. Jangan pernah membuat suatu konten yang melanggar ketentuan hukum suatu wilayah/negara seperti membahas tentang software bajakan, cracking dan memperjual belikan lisensi secara ilegal.

Perlu diperhatikan juga bahwa dunia maya itu tidak selancar tangan menekan tombol keyboard (jejak digital itu kejam) karena ada aturan aturan yang harus kita pahami dan taati. Kebebasan bereksperimen itu perlu tapi tidak sampai menabrak suatu aturan yang sudah ditetapkan.

Nah, bagi kalian yang memiliki keterampilan atau punya ide - ide yang baru yang positif atau hanya sekedar penasaran tentang dunia blogging kenapa tidak dikembangkan saja dalam bentuk tulisan agar bermanfaat untuk orang lain. Punya ilmu itu jangan pelit - pelit, rezeki sudah ada yang ngatur ko. Jangan merasa tersaingi dan disaingi. Terima Kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar