Skip to main content
BERPUSAT

follow us

Cara isi kudel Pelaporan BOS Tahun 2020

Setelah ditunggu – tunggu akhirnya rilis juga aplikasi kudel pelaporan BOS versi kabupaten Bekasi walau terlihat masih seperti tahap beta karena masih ada beberapa bug dibagian pelaporan. Bug ini masih tergolong aman dan tidak merusak alur hanya sedikit menyesatkan bagi yang belum benar – benar paham dan semoga saja admin harapkan segera rilis versi perbikannya dalam waktu dekat. Pada kesempatan kali ini admin akan sharing tentang bagaimana cara pengisian pada aplikasi Kudel BOS. Untuk mendapatkan aplikasi ini kalian bisa minta pada perwakilan ditiap masing – masing gugus yang ada di kabupaten Bekasi (Biasanya ada perwakilan dari operator gugus).

Langkah awal untuk masuk kedalam aplikasi ini kalian harus tahu username dan paswornya, untuk username dan pasworndnya isikan saja dengan kata kudel semuanya. Alur selengkapnya bisa dilihat dibawah ini :

  1. Isikan Data Umum biodata sekolah sekolah terlebih dahulu dengan lengkap dan inputkan saldo tahun lalu tahun 2017 yang terdiri dari saldo bank dan saldo kas (saldo bank sesuaikan dengan sisa saldo per-31 Desember 2017 yang ada di rekening sekolah dan saldo kas isikan dengan sisa saldo tunai yang ada di bendaha, jika tidak ada saldo kas tunai/nihil isikan saja dengan “0” nol tanpa tanda petik)
  2. Pada input jumlah penerimaan dana BOS, isikan dengan jumlah siswa yang sesuai dengan usulan DPA tahun 2018 (tidak boleh dirubah sebelum ada instruksi perubahan). Setelah semuanya terisi kembali ke kolom menu yang ada dipojok kanan atas.
  3. Pilih edit nama kegiatan & standar komponen, Perbaiki nama kegiatan jika uraiannya masih terdapat kesalahan serta perbaiki pengetikan standar dan komponen jika Penulisannya masih belum dua digit, fungsi ini dimaksudnkan untuk menghasilkan laporan K7a. Jika tidak ada kesalahan abaikan saja. Kembali ke menu utama,
  4. Pilih entry SPJ TW-1, Pada sheet input bank sesuaikan dengan bukti rekening Koran. Debit = penarikan dan/atau uang yang diambil dari bank, sedangkan kredit = penerimaan dan/atau uang yang tersedia untuk dibelanjakan.
  5. Geser ke sheet RC (rekening korang) scan dan upload rekening korang tersebut pada menu yang telah disediakan dipojok kanan atas dengan tulisan cari foto RC. Penting : agar tidak memberatkan Kudel, Pemindaian ukuran Gambar maksimal 150 KB; dan tiap triwulan agar file selalu di ganti dengan file terbaru contoh : triwulan 1 : lampirkan file RC Periode JANUARI s/d MARET 2018; Triwulan 2 : (hapus file triw 1; lampirkan file RC Periode JANUARI S/D JUNI 2018; Triwulan 3 : (hapus file triw 2; lampirkan file RC Periode JANUARI S/D SEPTEMBER 2018; dan seterusnya.
  6. Masih dengan menu entri yang sama Geser ke-sheet input SPJ. Pada tahapan ini yaitu memasukan nominal realisasi hasil belanja barang/jasa, isi pada kolom realisasi TW-1 yang telah disediakan. Jika ada pembelanjaan dari hasil silpa/sisa tahun lalu maka urutan nomor 13 pilih dengan silpa dan pada urutan nomor 14 jenis pembelanjaan silahkan dipilih apakah bentuknya transfer atau tunai. Jika ada belanja pemeliharaan inputkan pada sheet yang disediakan sampai dengan belanja modal (jika ada belanja modal di triwulan I) dan pelaporan pajak wajib diisi sampai bukti NTPN wajib diisi. Kembali ke Menu Utama,
  7. Pilih kolom laporan TW 1, Pada bagian ini semua sheetnya harap diprint dan ditanda tangani oleh Kepala Sekolah, Bendahara Pembantu dan Pengurus Barang. Pada sheet K7a murni admin rasa ada kesalahan rumus yang sedang admin konfirmasikan kepada operator dinas Kabupaten. Seharusnya yang dilingkari pada gambar dibawah ini diganti jadi angka "6" agar sesuai dengan realisasi hasil belanja dan tidak membingungkan para operator ditingkat sekolah (Koreksi jika salah).

Angka yang tidak terinput

Angka setelah diganti

Untuk sementara lakukan saja pengisian sesuai instruksi sampai ada konfirmasi dan ada aplikasi hasil revisi, kembali lagi ke Menu Utama dan pilih Kontrol Anggaran dan Rekap Data. Periksa kembali semua data hasil inputan untuk jaga jaga agar tidak terjadi salah penempatan isian, soalnya banyak kejadian data sudah OK tetapi pas cek dikedalamannya terdapat banyak salah yang tidak terkontrol langsung.

Langkah terakhir adalah pilih Cek Data Sebelum dilaporkan ke Dinas. Jika ada kolom yang berwarna merah itu menandakan ada yang harus diperbaiki kembali. teliti kembali notifikasi kesalahannya pada kolom yang berwarna merah. Jika setiap kolomnya tidak ada yang berwarna merah berarti data kalian aman dan siap untuk dilaporkan ke Dinas. Contoh data yang siap dilaporan seperti berikut :

ganti kualitas video dari 360P ke 720P untuk medapatkan hasil yang jernih

Demikian kurang lebihnya mengenai panduan pengisian yang baik dan benar pada aplikasi pelaporan BOS tahun 2018 yang bisa admin jabarkan. Jika ada yang belum paham atau ada beberapa pertanyaan yang menyangkut isi topik diatas bisa mengirimkan komentar dibawah ini dan/atau hubungi admin pada Contact US yang telah disediakan.

Postingan ini akan selalu diupdate bila ada perbahan - perubahan yang menyangkut dengan aplikasi kudel pelaporan BOS secara lebih mendalam lagi.

UPDATE: Pada sheet K7a Murni, Jika pada DPA kalian terdapat komponen 06.05 (Pengembangan Standar Pengelolaan - Pengelolaan Sekolah) Jika terdapat selisih jangan panik, segera konsultasi ke admin dinas. karena pada sheet tersebut terdapat kesalahan rumus. Jika admin dinas bertanya tahun dari mana terdapat kesalahan? Bilang saja dari OPS ciksel yang suka ngoprek. TERIMA KASIH.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar