Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Mencari file ganda pada Microsoft Exel

Mencari file/data ganda pada Microsoft exel sangatlah mudah dan cepat jika kita mengetahui triknya. Biasanya bagi yang awam atau baru mengenal exel pastinya sedikit kesulitan dan menguras pikiran juga jika harus mencari satu – satu file ganda tersebut, iya kalau jumlah filenya sedikit, kalau ratusan kan repot juga. Seperti menentukan nomor surat keluar, menentukan kode bukti pelaporan administrasi keuangan yang telah digunakan agar tidak terinput ulang dan ketika memasukan nomor NISN siwa atau nomor induk siswa terkadang sering salah menuliskannya.

Nah, disini saya akan membagikan tips mudah dan tentunya cepat untuk menemukan file ganda dengan menggunakan fungsi conditional formatting. Menurut saya fungsi ini adalah opsi yang paling simple untuk diapllikasian pada pekerjaan sehari - hari. Untuk langkah – langkan penggunaannya bisa ikuti instruksi dibawah ini:

Pertama buka file Microsoft excel, contoh yang saya gunakan adalah file laporan untuk menemukan nomor kode bukti. Block semua nomor bukti dari atas, dimulai dari kolom D lalu masuk ke menu home yang ada dipojok kiri atas disamping menu file. Setelah itu cari kata conditional formatting lalu pilih highlight Cell Rules dan pilih Duplicate Values… maka akan muncul pop up Format cell that contain: langsung aja pilih OK.


Pada pop up Format bell that contain: kamu juga bisa menentukan warnanya pada values with, apakah pada hasil data gandanya mau dikasih warna merah, biru, hijau atau kuning. Contoh yang saya gunakan adalah warna merah.

Masih bingung?? coba lihat video ini:


Bagaimana? Mudah bukan? caranya sangat simple asalkan tahapan - tahannya sesuai yang saya sebutkan diatas. Untuk sekedar latihan kamu juga bisa unduh file latihannya pada fungsi conditional formatting

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar