Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Menghilangkan Kelebihan Spasi di Microsoft Excel

Cara mengakali kelebihan beberapa karakter spasi yaitu dengan memanfaatkan fungsi Trim dan Substitute yang tersedia pada microsoft office exel. Dua fungsi ini sering saya gunakan pada pekerjaan sehari -hari untuk merapihkan beberapa dokumen pelaporan dan administrasi yang sering saya kerjakan agar terlihat rapi dan sopan, dan tentunya fungsi ini sangat membantu mempercepat proses pengeditan.

Selain dua fungsi diatas, sebenarnya masih ada lagi beberapa opsi yang dapat dipakai seperti penggunaan find dan replace dan fungsi mid dan len. Berhubung fungsi ini jarang saya pakai karena prosesnya cukup sulit untuk dihapal, maka disini saya hanya akan sharing dua penggunaan fungsi saja yaitu trim dan Substitute.

Baca juga:
Cara Menggabungkan kalimat dengan Fungsi Concatenate

1. Fungsi trim
Rumus fungsi trim dapat digunakan untuk menghapus kelebihan spasi antar teks/kata baik yang terletak didepan ditengah maupun dibelakang kecuali spasi ruang antar huruf. Perhatikan tabel dibawah :

>>Pada Kolom A menunjukan nama tempat dan jalan sebelum menggunakan =trim
>>Pada kolom B menunjukan nama tempat dan jalan sesudah menggunakan =trim
>>Untuk melihat rumusnya ada pada kolom C

A B RUMUS
1       Kecamatan             Cikarang Selatan Kecamatan Cikarang Selatan =TRIM(A1)
2 Kabupaten        Bekasi Kabupaten Bekasi =TRIM(A2)
3 Jalan  raya   Setu         Serang Jalan raya Setu Serang =TRIM(A3)

2. Fungsi Substitute
Sama halnya seperti fungsi trim, Fungsi Substitute pun bisa digunakan untuk menghilangkan karakter spasi yang berlebihan. Hanya saja fungsi ini tidak semudah fungsi trim. Menurut saya fungsi substitute ini dapat digunakan dengan mudah jika karakter spasinya tetap, contohnya kurang lebih seperti :

A B RUMUS
1 Pemerintah   Dinas Pendidikan Pemerintah Dinas Pendidikan =SUBSTITUTE(A1;"   ";" ")
2 Kabupaten  Bekasi Kabupaten Bekasi =SUBSTITUTE(A2;"   ";" ")
3 Kecamatan   Cikarang   Selatan Kecamatan Cikarang Selatan =SUBSTITUTE(A3;"   ";" ")

Rumus pada tabel diatas diatas dapat diterapkan jika jumlah karakter spasinya lebih dari satu ( 2 spasi untuk diedit menjadi 1 spasi disetiap antar teks/kata).

Seperti itulah yang bisa saya jelaskan berdasarkan pengetahuan dan kemampuan saya pada postingan ini. Selain digunakan untuk menghapus beberapa bagian karakter spasi, fungsi - fungsi tersebut juga bisa diterapkan pada penggunaan rumus lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar