Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Mengisi Format Kelulusan dengan Rumus Exel

Sebelum memulai pembahasan tentang bagaimana caranya mengisi format kelulusan dengan memanfaatkan rumus fungsi if dan fungsi and, ada baiknya kita mengetahi terlebih dahulu fungsi - fungsi rumus tersebut.

Rumus fungsi IF merupakan salah satu fungsi paling umum yang digunakan dalam Microsoft Excel. Fungsi IF digunakan untuk mengecek suatu kondisi. Apabila kondisi terpenuhi maka fungsi if akan mengambil suatu nilai, dan sebaliknya apabila kondisi tersebut tidak terpenuhi maka akan diambil nilai yang lain. dengan kata lain, fungsi IF disebut fungsi syarat. Jika suatu nilai mempunyai syarat dan dapat bernilai benar apabila syarat terpenuhi serta bernilai salah jika syarat tidak terpenuhi.

Sedangkan rumus fungsi AND digunakan untuk menguji beberapa nilai atau kondisi sekaligus berupa logika untuk menghasilkan nilai TRUE dan FALSE.

=IF(AND(logical1;Logical2);Value_IF_TRUE;Value_IF_FALSE)

Agar lebih jelas, dibawah ini saya akan mencoba membuat contoh cara menentukan kelulusan siswa secara otomatis dengan menggunakan dua buah rumus fungsi if dan fungsi and. Anggap saja tabel dibawah ini adalah lembar kerja microsoft excel supaya lebih mudah dipahami.

A B C D E
1 DAFTAR NILAI UJIAN
2 No Nama Nilai Teori Nilai Praktek Keterangan
3 1 Fauzi 80 90 =IF(AND(C3>=70;D3>=70);"Lulus";"Tidak Lulus")
4 2 Deni 90 80 =IF(AND(C4>=70;D4>=70);"Lulus";"Tidak Lulus")
5 3 Aditia 60 60 =IF(AND(C5>=70;D5>=70);"Lulus";"Tidak Lulus")
6 4 Ersah 80 70 =IF(AND(C6>=70;D6>=70);"Lulus";"Tidak Lulus")

Keterangan:
  • Nilai ujian teori lebih dari sama dengan (>=) 70 adalah "Lulus"
  • Nilai Ujian Praktek lebih dari sama dengan (>=) 70 adalah "Lulus"
  • Jika nilainya dibawah 60, baik nilai teori maupun nilai praktek adalah "Tidak Lulus"
Maka pada kolom keterangan yang sudah diisikan rumus akan menghasilkan kriteria :
  1. Fauzi (lulus)
  2. Deni (lulus)
  3. Aditia (tidak lulus)
  4. Ersah (lulus)
Jika sudah membuat satu rumus, agar lebih cepat dan efisien, langsung scroll saja kebawah atau dicopy paste juga dibisa. Secara otomatis cell-cell nya akan berubah mengikuti baris dibawahnya. Untuk mencobanya, telah saya sediakan formatnya sebagai latihan supaya lebih jelas lagi. Silahkan unduh format latihan menggunakan rumus fungsi IF dan AND.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar