Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Solusi Open this link in a new window pada blog AMP


Barangkali masih banyak yang belum diketahui termasuk saya juga baru tahun bahwa pada pemenpatan postingan agar valid AMP yaitu dengan memposting secara khusus pada menu HTML. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya menambahkan link external agar bisa terbuka di jendela baru browser dan nofollow? maka jawabannya adalah dengan menggunakan atribut target="_blank" dan melengkapinya dengan atribut rel="noopener" pada link-link tersebut.

Fungsi noopener atau jendela baru pada browser ini agar memudahkan bilamana ketika kita akan membuka link external dengan tidak meninggalkan postingan yang sedang kita baca. Sedangkan fungsi no follow adalah untuk membatasi robot google untuk tidak membaca link external yang dipasang pada postingan. atau lebih jelasnya ketika kita akan menautkan sebuah halaman web/blog lain ke halaman blog kita dengan menggunakan target="_blank", maka proses halaman baru yang berjalan di jendela baru browser sama dengan proses halaman kita. Maksudnya disini adalah halaman baru tersebut mengeksekusi JavaScript yang lumayan berat maka otomatis kinerja halaman blog kita juga bisa terkena dampaknya.

Untuk penjelasannya silahkan perbaiki link external yang ada pada postingan blog Anda dengan menambahkan atribut rel="nofollow noopener" seperti contoh seperti berikut ini:

<a href="https://search.google.com/structured-data/testing-tool" rel="nofollow" target="_blank">Alat Pengujian Data Terstruktur Google</a>

Pada contoh pertama kode html tanpa noopener atau jika kita mengkliknya maka tidak akan terbuka pada jendela baru seperti Alat Pengujian Data Terstruktur Google, oleh sebab itu untuk memanampilkan jendela baru maka tambahkan kode noopener setelah kode nofollow.

<a href="https://search.google.com/structured-data/testing-tool" rel="nofollow noopener" target="_blank">Alat Pengujian Data Terstruktur Google</a>

Setelah menambahkan kode noopener maka ketika kita mengklik link external tersebut akan muncul pada jendela baru Alat Pengujian Data Terstruktur Google

Demikian yang bisa saya jelaskan tentang fungsi nofollow noopener berdasarkan pengalaman menggunakan template AMP mode HTML.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar