Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Mengetahui Data Statis Bloger yang Sebenarnya

Kalau kamu sering melihat jumlah tayangan blog kamu yang semakin hari semakin banyak yang mengunjunginya, jangan senang dulu. Secara tidak sadar apakah kamu juga sering melihat - lihat blog kamu hanyak untuk sekedar melihat tampilan atau sekedar cek kecepatan loading blog kamu?? Penyumbang tayangan yang cukup banyak salah satunya adalah kamu sendiri.

Nah, kamu pasti mengira bahwa yang terlacak sebagai pengunjung atau pageview adalah nyata atau pengunjung unik (organik) dari Google Search, tetapi sebenarnya tidak jika kamu belum menghentikan lacakan kamu sebagai admin blog agar tidak terhitung dalam data statistik.

Jika kamu pernah membalas komentar di artikel blog, atau baru mengedit template dan melihat tampilan blog yang baru dimodifikasi itu juga secara tidak sengaja akan terlacak sebagai pengujung atau pageview. Jadi pengunjung blog kamu akan tercampunr oleh kamu sendiri, maka dari itu kita harus menghentikan pelacakan admin untuk blog sendiri agar kamu tahu seberapa banyak pengunjung blog yang sebenar - benarnya.


Baca juga :
Cara Pasang Kode Safelink pada Blog AMP

Untuk Cara Menampilkan Data yang akurat pada Statistik Blog, caranya cukup mudah dan sangat sederhana sekali. Jika penasaran, yuk simak langkah - langkahnya yang akan saya uraikan dibawah ini :
  1. Pertama - tama pastinya harus login melalui dasboard blog kamu terlebih dahulu;
  2. Setelah berhasil masuk, pada tampilan dasboard pilih menu atau opsi lain, lalu pilih menu statistik, kemudian dilajut dengan memilih tulisan Mengelola pelacakan tayangan halaman Anda sendiri, letaknya dibawah tulisan "pengikut" Seperti gambar di bawah ini;
  3. Bagi yang sudah memakai custom doamin TDL atau bahasa kerennya Top Level Domain, namun belum mengaktifkan fitur HTTPS untuk custom domain pasti akan terjadi eror, solusinya tinggal dilihat pada address bar dan cukup mengganinya dari mode HTTP ke mode HTTPS kemudian tekan enter;
  4. Sampai disini, nanti halamannya akan dialihkan, tampilannya seperti dibawah ini dan jangan lupa memberi tanda checklist yang ada dipojok kiri atas berupa kotak kecil;
  5. Jika semuanya suka beres, sekarang kamu tidak perlu khawatir kalau kamu membuka blog kamu sendiri sebagai pengunjung atau pageview. Akan tetapi perlu dicatat tutorial ini tidak akan berlaku jika kamu belum menghapus cache dan cookie dilaptop kamu. Caranya tinggal hapus riwayat pencarian saja atau jika tidak paham juga bisa dengan bantuan ccleaner untuk menghapus cache dan cookie tersebut.

Tutorial ini mungkin terlihat usang bagi para blogger yang ilmunya sudah tinggi, tapi bagi saya pribadi ini cukup bermanfaat karena saya sendiri juga baru tahu, hehhe...

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar