Skip to main content
BERPUSAT

follow us

4 Penyimpanan Awan (Cloud Storage) yang Wajib Kamu Coba

4 Penyimpanan Awan (Cloud Storage) yang Wajib Kamu Coba. Cloud Storage adalah suatu media penyimpanan data digital yang disimpan dalam computer server yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh para penggunanya melalui komputer atau perangkat mobile, tablets, laptop dan PC desktop dan tentunya perangkat tersebut harus terhubung dengan internet dan memiliki akses terhadap layanan cloud tersebut.

Layanan cloud ini tersedia dalam bentuk terbatas bukan trial alias versi gratis dan tersedia juga dalam bentuk berbayar yang tentunya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar lagi. Untuk menggunakannya, sebelumnya kamu harus memilki account cloud dengan cara registrasi terebih dahulu dengan menggunakan email yang aktif.

Berikut beberapa layanan penyimpanan yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar :

1. Google Drive
Siapa yang tidak kenal denga google Drive? Google Drive adalah layanan cloud storage yang dikelola oleh raksasa mesin pencarian nomor satu di dunia yaitu google dan mulai diluncurkan pada tahun 2012. Pada layanan ini, google drive menyediakan penyimpanan sebesar 5 GB secara cuma -cuma untuk penggunanya. Media penyimpanan ini juga menyediakan beberapa fitur seperti fitur berbagi dan fitur edit file dengan mudah dari berbagai perangkat karena terintegrasi dengan Google Docs, Google Sheets, Google Slide, pdf dan beberapa layanan lainnya.

2. Dropbox
Dropbox didirikan pertama kali pada tahun 2007 dan rilis perdana pada tahun 2008 yang dikembangkan oleh dropbox, inc. bila dibandingkan dengan layanan yang serupa, dropbox menawarkan jumlah pengguna yang relative besar dengan system operasi yang bervariasi. Dengan layanan ini, kamu dapat menyimpan semua file baik dalam bentuk dokumen word, pdf, excel maupun yang bertype software.

Sama dengan Google Drive, dropbox memberikan ruang penyimpanan sebesar 5 GB secara gratis. Namun sayangnya fitur untuk mengunduh file-nya sedikit agak membingungunkan bagi yang belum terbiasa jika diakses via mobile karena letaknya yang tidak begitu terlihat yang disebabkan oleh munculnya notifikasi unduh aplikasi bagi yang belum menginstal aplikasi dropbox pada perangkat mobile.

3. OneDrive
OneDrive yang sebelumnya dikenal dengan sebutan SkyDrive adalah layanan hosting file yang dioperasikan oleh microsft sebagai bagian dari paket layanan office online yang diluncurkan pada tahun 2007. Media penyimpanan ini memberikan ruang sebesar 5 GB secara gratis. Untuk menggunakan layanan ini cukup dengan mendaftarkan alamat email seperti @hotmail.

4. Mediafire
Hampir sama dengan Uptobox, mediafire merupakan tempat penyimpanan file download-an dengan kapasitas besar. Media penyimpanan ini pun memberikan kapasitas penyimpanan secara gratis sebesar 10 GB dengan kelebihan tidak adanya batasan bandwith, dapat berbagai file dan folder dengan siapapun dan aplikasinya tersedia pada perangkat desktop maupun mobile.

Mediafire tidak memerlukan waktu tunggu untuk mengunduh, namun saat mengunduh berkas yang sama untuk kedua kalinya membutuhkan cookies dan CAPTCHA.


You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar