Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Fetch as Google pada Search Console Terbaru

Sehubungan dengan banyaknya pertanyan di group – group facebook yang saya ikuti, ternyata masih banyak yang belum paham tentang bagaimana caranya melakukan fetch as google pada search console yang terbaru. Saya sendiri tadinya belum begitu tahu karena tidak ada keterangan yang jelas seperti tampilan versi lawasnya. Namun pada tampilan searh console yang sekarang terlihat jauh lebih simple dan minimalis. Secara keseluruhan tampilannya berubah drastis.

Seperti yang kita ketahui bahwa google search console merupakan salah satu tools untuk membantu dan mengukur lalu lintas serta kinerja pada suatu situs, web atau blog. Selain itu, dengan memanfaatkan google search console, anda dapat lebih mudah melakukan pengawasan terhadapat kinerja situs anda dengan mudah.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi informasi yang saya dapat dari beberapa sumber yang saya baca dan tentunya sudah saya uji terlebih dahulu sebelum akhirnya saya beranikan diri untuk posting disini supaya teman – teman blogger yang belum tahu jadi tahu. Untuk teman – teman yang sudah tahu mohon jangan dibully. Mohon dikoreksi juga jika susunan kalimat atau kata – katanya yang terkesan berantakan agar blog ini bisa lebih baik lagi kedepannya dan tentunya bisa bermanfaat bagi para pembaca blog ini.

Untuk melakukan fetch as google, sebetulnya pada search console sudah disediakan yaitu pada opsi “inspeksi url”. Cara memanfaatkan inspeksi url hamper sama dengan cara ketika kita melakukan fetch as google pada versi lawas. Namun untuk versi yang sekarang, semua url-nya diikut sertakan semua termasuk nama dari domain blog kita. Agar lebih jelasnya, akan saya berikan contoh seperti berikut ini :

  1. Buat sebuah artikel baru atau artikel lama yang baru diubah untuk dilakukan peng-indeks-an ulang;
  2. Buka artikel tersebut, lalu catet alamat url-nya atau langsung saja di copy semua url tersebut (contoh link artikel yang akan saya inspeksi: https://www.berpusat.com/2018/09/segara-lakukan-update-aplikasi-dapodik.html);
  3. Buka portal search console, pilih saja "MULAI SEKARANG";
  4. Pilih inspeksi url, lalu paste-kan alamat url seperti yang nomor 2 diatas tepat seperti gambar dibawah ini. Kemudian tekan tombol "ENTER";
  5. Pilih “MINTA PENGINDEKSAN” dan bila perlu tekan menu “UJI URL LANGSUNG”;
  6. SELESAI.

Bagaimana, termasuk mudah juga kan untuk versi console yang sekarang? Intinya Cuma perlu penyesuaian saja dan banyak – banyak mencari informasi supaya tambah wawasan serta kaya ilmu.

Semoga bermanfaat ya!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar