Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara tarik Peserta Didik diluar Dapodik versi 2020 Secara Online dengan Mudah

Maksud judul diatas adalah bagaimana caranya menambahkan peserta didik yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) jika ingin mutasi/pindah ke sekolah negeri maupun sekolah swasta yang berada dekat lingkungan tempat tinggalnya? Sebetulnya cara menambahkannya sangat mudah yang penting kelengkapan dokumen yang diperlukan sudah lengkap semua.

Pada awalnya saya sandiri sempat kebingungan karena pada aplikasi dapodik versi 2020 dan versi – versi sebelumnya sudah tidak disediakan lagi slot menu tambah peserta didik secara manual bagi peserta didik yang ingin mutasi/pindah dari sekolah awal ke sekolah yang dituju, kecuali menu tambah peserta didik untuk siswa baru. Namun akhirnya setelah membaca panduan manual dapodik dengan teliti dan dari beberapa sumber referensi hasil googling, ternyata carannya sangat mudah dan tidak perlu laporan bolak balik ke Dinas Pendidikan setempat yang saya rasa hanya tidak efisien saja waktu yang diperlukan, kecuali sembari mengumpulkan SPPD supaya ada ongkos jalannya, hehehe….

Untuk menambahkan peserta didik yang berasal dari luar dapodik, kita bisa memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh kemdikbud secara online. Dengan fasilitas ini, alat yang diperlukan adalah laptop, koneksi internet yang stabil dan beberapa dokumen peserta didik yang nantinya akan diinput secara online.

BACA JUGA :
Tarik Peserta Didik pada Laman Dapodikdasmen Versi 2020

Bagi yang belum paham dan kebetulan juga ada beberapa rekan yang sering bertanya, yuk disimak dengan teliti beberapa panduan yang akan saya berikan sesuai dengan kemampuan dan pengalaman saya sendiri sebagai operator sekolah yang merangkap sebagai guru kelas juga di Sekolah Dasar yang berada di lingkungan kabupaten Bekasi (promosi dikit boleh ya, hihihi….. ). Semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberikan jawaban dari kebingungan – kebingungan yang ada. Jiahahaaa…… lebayyy :-D.

  1. Pertama – tama buka link http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ atau Manajemen Sekolah
  2. Login dengan Manajemen Sekolah;
  3. Isi username dengan email yang terdaftar/terintegrasi dengan dapodik, begitu pula dengan paswornya (sama dengan password dapodik), lalu tekan “KELOLA DATA SEKOLAH”;
  4. Tekan “ KEOLA DATA POKOK”;
  5. Pilih opsi “PESERTA DIDIK” yang berada pada pojok kanan atas;
  6. Pilih opsi “TAMBAH PESERTA DIDIK” masih berada dipojok kanan atas;
  7. Pilih opsi “PESERTA DIDIK BARU”
  8. Pada keterangan sumber data, pilih “Tambah PD diluar Dapodik”, maka tampilan seperti gambar dibawah ini;
  9. Silahkan isi semua form yang dibutuhkan , kalau sudah selesai jangan lupa tekan “SIMPAN”

Setelah proses diatas selesai, tugas selanjutnya yaitu menghubungi admin dapodik kabupaten/kota untuk dilakukan verifikasi. Cara menghubungi admin dapodik kab/kota tiap tempat mungkin berbeda - beda, namun saya sendiri biasanya melalui nomor WA dan telegram sang admin. Apabila tidak ada respon (mungkin sibuk) terpaksa datang langsung ke dinas pendidikan khusus bagian dapodik dengan membawa beberapa lampiran yang diperlukan seperti surat keterangan pindah dan surat diterima masuk ke sekolah tujuan.

Selesai melaporkan siswa pindahan tersebut dan pengajuan telah disetujuan, langsung saja buka aplikasi dapodik anda, lalu lakukan sinkornisasi aplikasi supaya siswa pindahan tersebut dapat masuk kedalam aplikasi dapodik anda dan apabila nama peserta didik tersebut sudah tampil pada aplikasi, segera lengkapi data - data yang dapat menyebabkan invalid seperti nomor NISPD, titik peta koordinat, jumlah anak berdasarkan KK, dan beberapa kolom lainnya yang dirasa kurang lengkap supaya dilengkapi kembali.

Mari simak video tutorialnya berikut ini:

Jika ada yang perlu dipertanyakan, silahkan tulis dikolom komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar