Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Daftar Perubahan pada Aplikasi Dapodik 2020

Kini dapodik memiliki table standar sarpras yang berada pada menu beranda. Hal ini berguna untuk memudahkan sekolah dalam proses pengecekan standar sarana dan prasarana mana saja yang sudah sesuai standar minimum dengan yang belum sesuai standar. Bagi sekolah yang belum memiliki standar sarana minimum sesuai dengan aturan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana maka baris datanya akan ditandai dengan warna jingga.


Dilihat dari tabel di atas, maka akan terlihat jumlah isian yang menunjukan data mana saja yang sudah lengkap dan tidak lengkap per jenis prasarana. Jika masih ada data yang tidak lengkap maka akan ditandai dengan tanda silang merah pada kolom status. Begitupun dengan isian sarana dan prasarana yang sudah sesuai standar, maka akan ditandai dengan tanda ceklis hijau.

Dalam hal keamanan, pada versi ini lebih diperketat security-nya menjaga kualitas data dari pihak – pihak tidak bertanggungjawab yang berusaha menerobos database aplikasi. Versi terbaru database ini diberi nama dengan versi 2020.

Penghapusan Tampilan Status Perizinan Kurikulum 2013

Dengan adanya peraturan yang mewajibkan seluruh sekolah menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2019/2020, maka aplikasi Dapodik pun menyesuaikan tampilannya dengan cara menghapus tampilan status perizinan kurikulum 2013 yang terdapat pada menu Beranda.

Peserta Didik di Bawah Ketentuan Umur

Mengikuti acuan Permendikbud No. 14 Tahun 2018 tentang aturan Penerimaan Peserta Didik Baru, pengecualian syarat usia paling rendah untuk diterima pada Sekolah Dasar Negeri/Swasta yaitu 6 (enam) tahun. Untuk peserta didik yang berumur 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli 2018 diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog professional. Dengan demikian, pada pengisian peserta didik yang berumur di bawah 5 tahun 6 bulan per tanggal 1 Juli 2018 akan diberikan status warning atau peringatan pada menu validasi lokal seperti yang tampil pada gambar berikut.


Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Daftar Perubahan pada Aplikasi Dapodik 2020, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar