Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Panduan Registrasi Dapodik 2020 Secara Offline

Sesuai dengan isi judul diatas kali ini saya akan sedikit menjelaskan tata cara registrasi dapodik secara offline. Cara ini saya anggap penting bagi yang memiliki koneksi internet yang tidak stabil. Sebelum memulai cara ini, ada baiknya mempersiapkan terlebih dahulu bahan - bahan yang diperlukan diantaranya :

  1. Instaler dapodik versi terbaru yaitu dapodik 2020 yang telah rilis tanggal 19 Agustus 2019, bisa unduh dilink dapodik 2020
  2. Kode registrasi (Jika belum punya, segera minta ke admin dinas setempat)
  3. Username dan pasword

Setelah semua persiapannya lengkap, langsung saja instal instaler dapodiknya sampai selesai, lalu buka aplikasi dapodiknya, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini :



Untuk melakukan registrasi secara offline, disini diperlukan sebuah prefill data dan untuk mendapatkannya harus mengunduhnya dilaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Pilih opsi Data Prefill dan seterusnya isikan usernama, pasword dan kode registrasinya. Tunggu beberapa saat sampai muncul gambar seperti berikut, pilih download.


Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline. Data sekolah yang diambil adalah hasil sinkronisasi terakhir. Jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi,username dan password dapat diganti oleh admin Dapodikdasmen di Dinas Pendidikan setempat.

BACA JUGA :
Panduan Singkat Instal Dapodik 2020 Secara Online

Simpan prefill hasil download-an tadi pada pada komputer/laptop atau lebih jelasnya simpan di local disk : C didalam folder prefill_dapodik seperti dibawah ini:



Jika prefill-nya sudah disimpan didalam folder prefill_dapodik, selanjutnya kembali ke menu utama registrasi dapodik. Pilih offline untuk jenis registrasi sisanya masukan username, pasword, kode registrasi dapodik dan pilih jenis jenjang. Pada proses ini, koneksi internetnya di off saja karena tidak ada pengaruhnya sama sekali. Cara ini adalah cara yang paling relevan karena cara ini tergolong simpel dan cepat tanpa memerlukan koneksi internet yang kencang.

Demikian, semoga bermanfaat...

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar