Skip to main content
BERPUSAT

follow us

Panduan Singkat Instal Dapodik 2020 Secara Online

Data Pokok Pendidikan dasar dan menengah adalah salah satu system pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan serta substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data dan terus menerus diperbaharui secara berkelanjutan. Hasil pengumpulan data yang dikirim melalui aplikasi dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Sistem pendataan yang terdapat pada aplikasi Dapodik untuk tahun ajaran 2019/2020 merupakan versi terbaru yang diberi nama versi 2020. Secara sistem, pembaruan versi ini dipersiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data pada semester 1 tahun 2019. Aplikasi Dapodik versi 2020 dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya karena tidak adanya versi update.

Sebelum mengintsal dapodik, ada baiknya mempersiapkan spesifikasi computer yang dibutuhkan sebagai dasar minimal mengingat aplikasi ini tergolong berat jika diinstal pada computer yang spesifikasinya dibawah standar juknis BOS.

Sesuai dengan juknis BOS No 1 Tahun 2018 tentang spesifikasi minimal komputer yang dibutuhkan yaitu :

  1. Processor intel core i3 atau yang setara
  2. Memori standar 4 GB
  3. Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD
  4. Sistem Operasi windows 10 (Windows 7 dan 8 juga masih bisa digunakan sebenarnya)
  5. Komputernya sudah terpasang google chrome atau mozilla firefox

Pastikan juga kamu sudah mempunyai kode registrasi dan akun yang akan digunakan pada saat proses instalisasi. Untuk kode regitrasi dapat memintanya kepada admin dinas setempat. Sedangkan untuk mengunduh Aplikasi Dapodikd Versi 2020, ikuti langkahnya tepat seperti dibawah ini :

  1. Buka laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/rilis-aplikasi-dapodikdasmen-versi-2020
  2. Pilih salah satu link Unduhan dapodik 2020;
  3. Pilih unduh Installer
  4. Tunggu proses unduhan selesai, jika sudah selesai buka hasil unduhan tersebut dan langsung saja diinstal aplikasinya
DOWNLOAD
Buku panduan install aplikasi dapodik versi 2020

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut dan akan muncul notifikasi registrasi dapodik. Pilih jenis registrasi, pada pilihan ini ganti jenisnya menjadi online. Selanjutnya masukan kode registrasi, pilih jenjang, masukan username dan pasword serta konfirmasi pasword. Klik submit dan tunggu beberapa menit sampai proses registrasi selesai. Usahakan koneksi internetnya dalam keadaan stabil, hal ini guna mempercepat proses registrasi.


Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc dikeyboard untuk kembali.

Demikian informasi tentang Panduan Singkat Instal Dapodik 2020 Secara Online. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar