Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Segara Lakukan Update Aplikasi Dapodik 2020 yang Bermasalah

Apakah dapodik versi 2019 kamu sering mengalami eror?? Jika ya, harap jangan panik. Memang pada aplikasi dapodiknya masih terdapat bug. Mungkin karena pekerjaanya terlalu dikebut sehingga ada bug yang terlewat untuk diperbaiki. Bagi saya sudah tidak aneh, yang namanya aplikasi tidak sepenuhnya sempurna, pasti selalu ada perbaikan dan pemutakhiran untuk memudahkan kita sebagai pengguna.

Pada tanggal 21 September 2019, admin dapodikdasmen melalui himbauannya telah merilis updater dapodik versi 2019.a hasil dari tindak lanjut atas adanya laporan – laporan yang dikeluhkan pada pengguna dapodik versi 2019.

Sebenarnya versi dari dapodik 2019.a ini diperuntukan khusus bagi sekolah – sekolah yang memiliki kendala dalam menggunakan aplikasi dapodik versi 2019. Namun bagi sekolah yang tidak mengalami kendala dan tetap memaksakan untuk melakukan update ke versi 2019.a disarankan harus melakukan sinkronisasi data terebih dahulu untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan.

Sebelum memasang updater aplikasi, ada baiknya memahami terlebih dahulu daftar perubahan dan perbaikan apa saja yang ada pada versi 2019.a. Berikut daftar pembaharuan dan beberapa perbaikan aplikasi dari versi 2019.a yang saya baca dari laman dapodikdasmen yaitu :

  • Pembaharuan pada penambahan kolom lintang dan bujur pada menu unduhan daftar peserta didik;
  • Perbaikan perizinan penambahan GTK untuk SILN;
  • Perbaikan perizinan penambahan peserta didik untuk SILN;
  • Perbaikan SMA Kristen dapat menyelenggarakan kelas teori;
  • Perbaikan pengecualian validasi rasio peserta didik terhadap rombel SLB, SILN, SPK;
  • Perbaikan pengecualian validasi perhitungan umur peserta didik 5,6 tahun SLB;
  • Perbaikan Bugs pada saat tambah baru peserta didik;
  • Perbaikan Bugs pada saat tambah baru GTK; dan
  • Perbaikan perbaikan pada security aplikasi.

Untuk memasang updater versi 2019.a hanya bisa dilakukan secara online melalui menu cek pembaharuan yang ada pada menu pengaturan dapodik. Langkah – langkah pemasangannya bisa disimak berikut ini :

  1. Sediakan dulu paket internet atau bisa numpang wifi teman, kemudian akfitkan dan hubungkan internetnya ke laptop yang ada aplikasi dapodiknya;
  2. Buka aplikasi dapodik dan silahkan login terlebih dahulu, lalu masuk pada menu pengaturan;
  3. Gambar sumber: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  4. Pilih cek pembaharuan (posisi sudah terhubung dengan internet yang kecepatannya stabil), maka akan muncul notifikasi bahwa pembaharuan versi 2019.a telah tersedia;
  5. Pilih lanjutkan, tunggu sampai proses pembaharuan selesai dan tekan tombol muat ulang halaman sekarang; dan
  6. Lakukan refresh halaman atau bisa menekan tombol ctrl + f5.

Semoga dengan adanya updater ini sudah tidak ada lagi kendala yang begitu berarti untuk kedepannya dan tentunya lebih mudah lagi dalam pengerjaanya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar