Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Tarik Peserta Didik pada Laman Dapodikdasmen Versi 2020

Sudah menjadi rutinitas tahunan disetiap tahun ajaran baru dengan dirilis kembalinya dapodik versi 2020 semester 1 pada bulan Agustus 2019. Dengan adanya versi aplikasi ini otomatis pada versi sebelumnya wajib untuk di uninstal dikarenakan tidak ada versi updaternya.

Bersamaan dengan diterbitkannya dapodik 2020, kini tampilan untuk login melalui manajemen sekolah (jika dulu sebagai operator) maupun manajemen dinas pada laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id sudah memiliki wajah baru. Jika dulu, saat pertama kali login harus memasukan username, password dan kode token, kini kita hanya cukup dengan menggunakan username dan password saja dan tinggal menekan tombol “Kelola Data Sekolah” yang nantinya akan diarahkan pada informasi akun. Selanjutnya pilih “Kelola Data Pokok”.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjelaskan tata cara untuk melakukan tarik peserta didik yang ingin mutasi/pindah sekolah antar kecamatan secara online dengan catatan bahwa peserta didik tersebut sudah dikeluarkan dari sekolah awal. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan operator dapodik agar tidak capek bolak balik ke dinas pendidikan hanya untuk melakukan mutasi.

  1. Pertama – tama, lakukan langkah tepat seperti pada paragraf ke-dua diatas, lalu pilih “Kelola Data Sekolah” dan pilih opsi “Kelola Data Pokok”.
  2. Pilih peserta didik dan tekan opsi “tambah peserta didik” seperti gmbar dibawah ini,
  3. Pilih pindah/mutasi yang selanjutnya pilih nama kecamatan dan sekolah asal, lalu tekan tampilkan.
  4. Cari nama peserta didik yang akan ditarik pada kolom search. Sesuaikan nama siswa dan nomor NISN-nya, jika sudah ketemu selanjutnya jangan lupa tekan tombol simpan pada urutan paling bawah.
  5. Setelah berhasil disimpan, otomatis siswa tersebut sudah berhasil dimutasi ke sekolah tujuan. Kembali pada apilikasi dapodik yang sudah diinstal sebelumnya. Lakukan sinkronisasi dan kirim data serta cek kembali nama siswa yang telah ditarik dari sekolah awal untuk memastikan bahwa siswa tersebut sudah masuk pada aplikasi.

Jika sulit untuk dimengerti, saya juga sudah buatkan panduannya berupa video tutorial tentang cara tarik PD di Dapodik 2020,


Demikian panduan singkat dari saya untuk rekan – rekan sekalin yang masih canggung dengan tampilan baru pada laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id, semoga bisa membantu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar