Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Begini cara mengganti domain dari blogspot ke domain TLD

Sebelumnya, apakah kamu tahu yang dimaksud dengan domain TLD? TLD atau disebut juga Top Level Domain merupakan ektension atau kata yang berada dibelakang nama domain (seperti com, id, net, org, info, xyz, edu, gov).

Lalu bagaimana caranya supaya bisa mengganti domain dari blogspot menjadi domain TLD? Untuk mengubah domain dari blogspot menjadi domain TLD tidaklah gratis, kamu harus siap mengeluarkan uang kurang lebih sebesar dua ratus ribuan tiap tahunnya dan itu pun berlaku perpanjangan. Jika kamu belum siap sebaiknya tetap bertahan saja dengan doamin blogspot karena domain tersebut merupakan domain gratis tanpa perlu perpanjangan setiap tahunnya.

Namun, jika dibandingkan antara domain blogspot dengan domain TLD, tentu saja domain TLD akan membuat blog kamu terlihat lebih profesional dan terkesan premium.

Baca juga:
Alternatif sumber CDN terbaru selain RawGit

Apakah kamu sudah tahu tempat dimana kita bisa mendapatkan domain TLD? Jika belum, kamu bisa mendapatkan domain TLD melalui beberapa penyedia domain seperti Rumah Web atau IDwebhost. Selain dua penyedia domain yang sudah saya sebutkan, sebetulnya masih banyak jasa penyedia domain yang beredar di Indonesia, terserah kamu mau menggunakan penyedia jasa domain yang mana saja yang kamu suka.

Berikut ini merupakan tahapan mengganti dan/atau migrasi domain, contoh yang saya bagikan disini merupakan migrasi dari blogspot menjadi domain TLD dari penyedia jasa IDwebhost.
  1. Pastikan kamu sudah melakukan registrasi melalui portal IDwebhost dengan menggunakan email yang masih aktif dan sudah melakukan pembayaran atas pembelian domain tersebut
  2. Pastikan juga kamu sudah memiliki blog dari blogspot, selanjutnya masuk ke menu "Setting" dan pilih opsi "Basic"
  3. Pilih "+ Set up a third-party URL for your blog" dan masukan nama domain kamu dan tekan tombol "Save"
  4. Pada tahap ini kamu akan mendapatkan dua kode CNAME seperti contoh berikut ini: Catat baik - baik CNAME tersebut karena nantinya akan digunakan pada pengaturan di IDwebhost
  5. Sekarang kita menuju portal IDwebhost, kemudian pilih list domain kamu yang sudah kamu buat, selanjutnya pilih "Pengaturan"
  6. Tentukan "Nameserver" yang diberikan oleh IDwebhost (contoh nameserver: NS1.DNSOWL.COM, NS2.DNSOWL.COM, dan NS3.DNSOWL.COM).

    Kemudian tahap berikutnya pergi ke menu "Kelola DNS"
    Masukan 4 buah alamat IP Blogspot seperti:

    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21

    Selanjutnya masukan 2 buah CNAME (CNAME yang didapat dari settingan blogspot seperti pada gambar nomor 3 diatas). Perhatikan gambar berikut ini:



    PERHATIAN:
    Untuk kolom nama host yang masih kosong pada A(address), sebaiknya tambahkan dengan menuliskan lambang "@" (tanpa tanda petik).
Setelah semua pengaturan berhasil disimpan, tunggu kurang lebih selama 6 sampai 8 jam agar DNS bisa akif (Jika beruntung, dalam hitungan menit sudah bisa aktif).

Demikianlah tutorial singkat tentang cara mengganti dan/atau migrasi domain dari blogspot ke domain TLD yang bisa saya bagikan. Untuk penyedia jasa selain IDwebhost, cara pengaturannya hampir sama dengan yang saya bagikan diatas.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar