Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara instal windows 7/8/10 dari USB Flashdisk (ISO)

Pada dasarnya menginstal sistem operasi komputer baik itu windows 7, 8 maupun windows 10 yaitu dengan menggunakan kaset DVD installer. Namun, ada beberapa type laptop yang didalamnya tidak disertai dengan hardware CD-ROM seperti netbook. Hal tersebut membuat beberapa pengguna netbook mengalami kesulitan disaat akan menginstal sistem operasi tersebut, bahkan ada yang rela mengeluaran uang yang jumlahnya tidak sedikit hanya untuk membeli CD-ROM external.

Pilihan Alternatif selain membeli CD-ROM external adalah dengan memafaatkan flashdisk yang berkapasitas diatas 4 GB. Flashdisk inilah yang nantinya yang akan digunakan sebagai installer/bootable windows yang sebelumnya harus di setting terlabih dahulu pengaturannya supaya bisa digunakaan saat booting. Metode penggunaan flashdisk dalam hal instal - menginstal program windows, tidak hanya digunkan untuk netbook saja, akan tetapi dapat digunakan juga pada semua type komputer.

Menurut pengalaman saya pribadi, penggunaan fashdisk merupakan pilihan yang tepat dibanding dengan menggunakan kaset DVD installer, jika menggunakan kaset DVD rawan terdahap macet atau berhenti ditengah jalan karena permasalahan kaset tersebut yang sudah baret – baret serta CD-ROM yang sudah lemah.

Sebelum media flashdisk dijadikan bootable, pertama kali yang harus dilakukan adalah meng-convert isi file installer windows kedalam bentuk ISO image (format ISO), bisa menggunakan tool dari Nero, PowerISO maupun UltraISO. Saya contohkan cara membuat file ISO dengan aplikasi UltraISO :

  1. Unduh aplikasi UltraISO (4.3 MB)
  2. Siapkan kaset DVD Instaler (Window 7, 8 maupun 10) dan masukan kedalam CD-ROM komputer/laptop sampai terbaca;
  3. Buka aplikasi UltraISO, lalu klik icon Make CD/DVD image, maka akan tampil sebuah kotak dialog baru;
  4. Pilih output FileName-nya (tempat menyimpan file ISO yang akan diconvert);
  5. Jangan lupa ceklist Enable ISO Volume Filter dan pilih Standar ISO (.ISO);
  6. Terakhir yaitu tekan tombol Make, tunggu saja prosesnya sampai selesai.

Jika file ISO sudah dibuat, maka langkah berikutnya adalah membuat bootable windows, untuk langkah – langkahnya silahkan simak tutorial dibawah ini:

  1. Unduh aplikasi Rufus;
  2. Sambungkan USB Flashdisk ke komputer/laptop;
  3. Buka aplikasi Rufus, secara otomatis device akan terdeteksi oleh system;
  4. Pilih FreeDOS/ISO Image, dan cari lokasi file ISO windows yang telah diconvert dari UltraISO;
  5. Untuk file system, secara otomatis akan berubah dari “FAT32” ke “NTFS”. jika tidak berubah, dimanualkan saja pengaturannya;
  6. Tekan tombol START, maka akan muncul kotak dialog peringatan seperti “WARNING! ALL DATA ON DEVICE ‘nama flashdisk’ WILL BE DESTROYED”. Tekan saka “OK”;
  7. Proses ini akan memakan waktu cukup lama, ditunggu saja sampai selesai.

PERHATIAN!!!

Saat akan menggunakan aplikasi rufus, usahakan file yang ada pada flashdisk harap diback up terlebih dahulu, karena semua file tersebut akan terformat total.

Sekarang flashdisk sudah bisa dijadikan sebagai bootable. Untuk menginstal komputer caranya pun sangat mudah. Hanya tinggal menekan tombol shorcut agar bisa masuk ke menu BIOS. Didalam BIOS tersebut, pilihlah booting melalui flashdisk. Simpan Pengaturan dan restart komputer.

Tombol shorcut tiap merk komputer/laptop berbeda - beda, ada yang menggunakan tombol "DEL", "F2" atau "F10", tinggal disesuaikan saja dengan merknya.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara instal ulang windows dari flashdisk. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dimengerti.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar