Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Kompres Video dengan Aplikasi Open Source (GRATIS)

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan tips tentang cara memperkecil ukuran file video, namun dengan hasil yang tetap jernih. Bagi kamu yang hobby upload video baik dari jejaring sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, messenger maupun youtube sebaiknya kamu coba aplikasi yang satu ini.

Aplikasi gratis ini bernama HandBrake, Apa itu HandBrake? HandBrake merupakan salah satu aplikasi yang bersifat open source untuk file video digital atau sebuah alat untuk memperkecil dan/atau compres ukuran dari besarnya file video yang tersedia untuk pengguna Windows, Mac dan linux.

Size file yang dihasilkan dengan menggunakan HandBrake memiliki perubahan ukuran yang sangat signifikan dibanding dengan video aslinya, akan tetapi kualitas hasil kompresinya tetap dalam keadaan yang jernih. Contohnya file video kamu memiliki size sekitar 500 MB bisa dikurangi ukurannya menjadi 98 MB, ini sama saja dengan mengurangi ruang penyimpanan memori internal maupun ekternal. Apa lagi jika kamu ingin melakukan upload video, tentunya ini sangat menghemat quota internet kamu bukan?

Fitur yang dimiliki oleh HandBrake seperti dalam pengaturan bit rate (kbps) yang stabil dan dengan mudah dapat mengoptimalkan video pada beberapa perangkat yang berbeda seperti windows, tablet, ipod, TV dan pada perangkat android. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki dukungan format seperti .wmv .avi .m4v, .mov, .mkv, MP4 dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini merupakan cara memperkecil ukuran file video dengan memanfaatkan aplikasi HandBrake, mari simak dibawah ini:

  1. Yang pertama kali harus kamu lakukan setelah mendowload aplikasinya, selanjutnya adalah melakukan proses instalasi apikasi tersebut ;
  2. Buka aplikasi tersebut, dilanjutkan dengan memilih open a single video file. Silahkan kamu cari lokasi video kamu yang akan diperkecil size-nya ;
  3. Kemudian pada kolom Destination, Tuliskan judul video tersebut dan silahkan tekan browse untuk menempatkan video hasil dari kompresi ;
  4. Pada bagian legay, pilih Normal output setting pilih MP4 dan beri tanda ceklist pada pilihan Web optimized.

    Perhatikan gambar dibawah ini:


Pada kolom width, tuliskan secara manual ukuran dari kualitas gambar seperti 369, 480 maupun 720. Atur juga pada kolom video pada video codec menjadi H.264 (x264). Dan langkah terakhir adalah dengan menekan tombol Start Encode.

Untuk memperjelas tutorial cara mengecilkan ukuran file video dengan aplikasi HandBrake, simak video berikut ini:

Sangat mudah bukan? Demikianlah tutorial yang bisa saya bagikan tentang cara mengecilkan ukuran file video dengan aplikasi open source. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar