Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Melepas Kipas Fan Laptop HP 1000

Cara membuka kipas fan laptop HP 1000 sebenarnya gampang - gampang susah karena letaknya yang berada tepat dibawah mainboard. Jika tidak hati - hati dalam membongkarnya, bisa - bisa yang ada malah dapat merusak komponen lainnya. Hal itu pernah saya alami ketika akan membongkar keyboard pada laptop asus, bukannya keyboard yang sembuh yang ada malah kedudukan kabel flexibel ikut terangkat. Jadilah rusak semua.

Jika ingin mengganti kipas fan atau sekedar memberikan pelumas untuk menghilangkan suara bising, ada baiknya memperhatikan posisi baut dan kabel - kabel flexibel agar ikut rusak. perhatikanlah dengan teliti baut - bautnya karena sebagian ada yang terhalang. Jadi mohon dengan hati - hati saat mempraktekannya.

Berikut ini merupakan tahapan - tahapan mengganti kipas fan, untuk bahan yang diperlukan sudah pasti harus memiliki tool yang berupa obeng, mari simak langkah - langkahnya:

  1. Cabut baterai
  2. Siapkan Obeng dengan ukuran +2.5, +3.0 +1.5, -2.5 dan obeng ukuran -3.5
  3. Buka cover pelindung ram dan cover pelindung hardisk yang lokasinya ada dibawah, dilanjutkan dengan membuka satu baut pengunci keyboard.
    Perhatikan gambar berikut.
  4. Nomor 2 adalah baut pengunci keyboard. Jadi sebelum mencongkel keyboard, usahakan bautnya dibuka terlebih dahulu.

  5. Congkel keyboard secara perlahan dengan menekan klip pengunci satu persatu (ada 8 klip pengunci). Hati - hati saat menarik keyboard karena dibawahnya ada kabel flexibel. Untuk mencopot kabel felxibel, tarik keatas penguncinya secara perlahan.
  6. keluarkan hardisk, dilanjutkan dengan membuka semua baut yang ada. Pokoknya semua harus dibuka ya, termasuk baut - baut kecil yang terletak dibawah baterai. jangan sampai ada yang ketinggalan. Sebaiknya memori ram juga ikut dikeluarkan saja.
  7. Setelah keyboard berhasil dilepas, cabut kabel flexibel mouse dan kabel flexibel power (ada 2 buah). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
  8. Kabel flexibel yang satunya lagi dilepasnya nanti ya, setelah cover atas terlepas (lihat gambar diatas, yang tidak dikasih tanda kotak merah. Pojok kanan atas).

  9. Setelah kabel flexibel terlepas, buka cover bagian atas dengan cara mencongkelnya dengan baut (-) secara perlahan dan berurutan.
  10. Buka kembali baut mainboard (ada 3 buah, termasuk baut kabel hardisk) dan lepaskan kabel flexibel. hati - hati saat melepas kabelnya.

  11. Perhatikan gambar berikut:


    Lepaskan juga kabel speaker, selanjutnya congkel dan tarik secara perlahan mulai dari kanan. Pada fase ini, jika ada yang masih keras saat ditarik, periksa kembali baut dibawahnyanya, jangan paksa ditarik karena bisa patah mainboardnya. Usahakan semua baut harus terlepas. Harap sangat hati - hati saat menariknya.

  12. Setelah mainboard terangkat, angkat secara hati - hati dan tempelkan pada layar LCD, hati - hati dengan kabel LCD yangan sampai tertekuk.


  13. Buka baut kipas fan, untuk membukanya harus dengan besi tembaga yang tersambung dengan prosesor. Untuk jaga - jaga, sediakan termal pasta untuk mengganti atau sekedar menambah termal yang kering

Bersihkan baling - baling kipas dan berilah pelumas agar saat kipas beruputar tidak berisik dan seret. Jika kipas fan sudah tidak berfungsi dengan baik, maka jalan satu - satunya adalah ganti dengan yang baru. Demikialah tutorial mengenai cara melepas kipas fan laptop HP 1000, melepas keyboard dan melepas hardisk pada laptop HP 1000. Semoga penjelasannya mudah untuk dipahami dengan jelas. Mohon maaf jika gambar yang disertakan tidak begitu jelas karena kejadian memfotonya dimalam hari.

PERHATIAN : Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran ekstra. Harap berhati - hati dengan komponen - komponen kecil yang berada pada mainboard serta kabel - kabel speaker, casan, dan kabel flexsibel yang rentan rusak akibat tertarik.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar