Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Membuat Baris Warna Secara Otomatis di Ms. Excel

Bagaimana caranya memeriksa data secara detail di MS. Excel dalam bentuk tabel dengan jumlah baris dan kolom yang tergolong banyak agar mudah untuk dibaca dan tentu saja menghindari dari kesalahan baca? Biasanya dalam hal ini saya sendiri selalu memberikan sebuah tanda dalam bentuk baris warna yang berselang seling . Namun pemberian baris tanda warna ini jika dilakukan secara manual dan satu persatu yang ada malah bisa menambah beban pekerjaan. Lalu bagaimana caranya supaya pekerjaan ini cepat dilakukan?

Jika kita sudah mengetahui sedikitnya dari fungsi – fungsi yang ada pada microsoft excel, sebetulnya ada cara yang paling mudah untuk dilakukan, yaitu dengan menggunakan conditional formatting. Fungsi conditional formatting adalah fitur yang digunakan untuk memberikan format khusus pada sel – sel yang memenuhi aturan tertentu pada suatu range /tabel Ms. Excel. Dengan menggunakan format ini memungkinkan lebih cepat melakukan analisis data dalam jumlah besar karena yang memenuhi kriteria/aturan menjadi lebih mudah untuk dilihat. Dari fungsi ini lah bisa kita gunakan untuk memberikan tanda warna dalam tabel. Namun sepengetahuan saya bahwa pada fungsi tersebut bisa juga digunakan untuk menandai beberapa data berganda (disini tidak saya bahas caranya, yang akan saya jelaskan disini adalah cara meberikan baris warna secara otomatis).

Sebelum mengenal conditional formatting dalam memberikan tanda baris warna, saya sendiri selalu menggunakan fungsi filter data. Namun menurut saya cara ini masih tergolong lama dan butuh ketelitian karena pada pelaksanaannya saat akan memfilter data diwajibkan tidak boleh ada cell yang kosong. Jika sampai ada cell yang kosong pasti datanya tidak akan terbawa semua.

Seperti yang saya utarakan pada paragraf pertama dan kedua, kali ini saya akan membagikan informasi penggunaan fungsi conditional formatting dalam menandai baris tabel secara otomatis. Sebelum melangkah lebih jauh, download terlebih dahulu dibawah ini contoh latihannya agar bisa langsung dipraktekan.


Jika contoh tabelnya sudah didownload, selengkapnya silahkan disimak uraian berikut ini dengan teliti:
  1. Block cell B6 sampai dengan cell L12;
  2. setelah cell - cell tersebt berhasil diblock dan/atau disorot, lalu pergilah ke menu "home" dan cari menu "conditional formatting" dan pilihlah "New Rule;"
  3. Maka akan muncul sebuah kotak baru, pilihlah "Use a formula to determine which cells to format" dan tuliskan pada kolom "formot values where this formula is true:" dengan rumus "=MOD(ROW();2)=1". Kemudian pilih "format" untuk menentukan warn baris yang akan digunakan pada sheets "Fill" dan setersunya tekan "OK";
  4. Jika urutannya sesuai maka, maka hasilnya akan tampak seperti dibawah ini. Perlu dicatat juga pada saat menuliskan rumus "=MOD(ROW();2)=1" silahkan sesuaikan tanda (;) ganti dengan tanda (,) sesuai dengan format office masing - masing.
Bagaimana, mudah bukan? Asalkan ada kemauan dan mau belajar saya yakin pasti bisa. Sebelumnya saya mohon maaf juga jika didalam artikel ini terdapat beberapa kalimat yang tidak berurutan. Terima Kasih. UPDATE: Saya baru menyadari bahwa pada office 2010, ada cara yang sangat - sangat mudah dalam menandai baris warna yaitu dengan menggunakan "format as table" yang letaknya tepat disamping kanan "conditional formatting". Caranya tinggal mem-block area yang akan diberi warna, kemudian pilih format as table.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar