Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara merubah angka menjadi teks kalimat di microsoft excel



Jika pekerjaan kamu berhubungan dengan angka – angka pastinya sering merubah hasil penjumlahan dari angka menjadi text dalam bentuk kalimat secara manual dengan cara mengetiknya satu – persatu seperti cara mengkonvert angka 12.500 menjadi “Dua Ribu Lima Ratus” pada lembar kerja microsoft excel.

Namun cara tersebut bukanlah cara yang efektif karena akan membuat pusing sendiri, belum lagi jika sampai ada kesalahan dalam pengetikan pastinya akan repot bilan harus mengulang kembali. Berikut ini saya akan mencoba berbagi tips agar dapat mengerjakan cara tersebut secara cepat, singkat dan pastinya efektif. Cara yang akan saya bagikan adalah dengan menggunakan rumus terbilang otomatis.

Baca juga:
1. Rumus Menghitung Umur (Tahun dan Bulan) Secara Cepat

Fungsi rumus terbilang ini harus diunduh terlebih dahulu agar bisa digunakan, karena pada dasarnya microsoft excel yang masih dalam keadaan standar tidak menyertakan fungsi tersebut. Sehingga kita harus bisa memodifikasinya atau menambahkan rumus terbilang yang kita buat secara terpisah yang harus disimpan dan tidak boleh dihapus.


Untuk cara pemasangannya rumus terbilang sangatlah mudah, jika kamu belum tahu atau baru mendengar rumus terbilang ini ada baiknya simak penjelasan saya tentang cara pemasangannya dibawah ini:
  1. Yang pertama kamu butuhkan hanyalah sebuah file rumus terbilang yang bisa kamu unduh diatas;
  2. Setelah file tersebut berhasil diunduh, sebaiknya simpan disuatu tempat agar tidak terhapus. Jika sampai terhapus rumus fungsinya tidak bisa digunakan lagi. enang saja, file ini tidak mengandung virus karena sudah saya praktekan dan saya gunakan sampai sekarang;
  3. Selanjutnya buka lembar kerja microsoft excel, lalu pergilah ke menu pengaturan/option yang letaknya ada dipojok kiri atas (jika menggunakan office 2010), Caranya pilih menu "file" dilanjutkan dengan memilih "option". Nantinya disana akan muncul jendela baru seperti gambar berikut ini:
  4. Pilih "Add-ins" dilanjutkan kembali dengan memilih "GO...". Dari sini akan muncul kembali sebuah jendela baru, pilih "browse" kemudian cari file hasil unduhan yang sudah kamu unduh diatas, tekan "OK". Sampai disini kamu telah berhasil memasang rumus terbilang. Lalu bagaimana cara menggunakan rumus terbilang tersebut pada microsoft excel?
Cara menggunakan rumus terbilang pada microsoft excel sangatlah sederhana, kamu tinggal menuliskan rumusnya seperti ini =terbilang(alamat cell) tanpa tanda petik lalu tekan enter.

Perhatikan contoh berikut:



Gambar diatas menjelaskan penggunakan rumus terbilang pada cell F5, maka penulisannya adalah =terbilang(E5). Jika ingin menambahkan akhiran dengan kata "rupiah", makan bentuk penulisannya adalah =terbilang(E5)&" rupiah".


KETERANGAN:
E5 adalah alamat cell yang akan diconvert menjadi teks dalam bentuk kalimat.

Bagaimana? Mudah bukan?? Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar