Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Pasang Histats Tracker di Blog AMP

Penerapan AMP baik itu WP maupun blogspot nyatanya saat ini semakin diminati oleh beberapa blogger Indonesia termasuk saya sendiri, meskipun demikian tetap ada beberapa kelebihan dan kekurangannya dalam pemakaian template ini. Kelebihan memakai template AMP sudah pasti ramah seluler karena tidak memberatkan loading blog. Sedangkan kekurangnnya ialah tampilannya terlihat kaku dan penggunaanya cukup merepotkan bagi sebagian orang. Namun terlepas dari itu semua blog yang sudah menggunakan AMP memiliki keuntungan tersendiri selain yang saya sebutkan diatas.

Dengan menggunakan AMP, sudah pasti ada beberapa pengaturan yang berbeda dengan blog – blog non AMP yang harus diterapkan, salah satunya seperti cara pemasangan widget histats tracker yang akan saya bahas. Mengingat bahwa blog yang sudah menggunakan AMP dalam penerapannya melarang penggunaaan javascript, jadi mau tidak mau harus diakali dengan menggunakan AMP-PIXEL.

Histats tracker adalah sebuah tool yang berfungsi untuk memantau jumlah pengunjung secara real time baik untuk mengetahui jumlah pengunjung yang sedang online, melihat jumlah page view maupun jumlah historis pengunjung secara keseluruhan. Nah bagi kamu yang sudah menggunakan blog AMP dan ingin mencoba menerapkan widget tracker tetapi masih bingung cara penerapannya, tidak ada salahnya menyimak tutorial berikut ini.
  1. Buka portal http://histats.com/ kemudian registrasi terlebih dahulu dengan email yang aktif dan/atau daftarkan langsung situs web kamu pada kolom url, nantinya akan diarahkan ke bagian pembuatan account. Silahkan diisi semua perintahnya ;
  2. Selesai membuat account, masuk ke "tambahkan situs web" dan pilih "ubah data situs web". selanjutnya cari pilihan "COUNTER CODE" kemudian tekan "add new counter";
  3. Pilih "Hidden Tracker" terus simpan;
  4. Setelah counter id berhasil dibuat, pilih id tersebut dan pilih juga "NO JAVASCRIPT";
Sampai disini, masuk ke edit html template blog dan pasang kode amp pixel dibawah ini diatas kode </body> atau yang mirip dengan kode tersebut.

<amp-pixel src="URL DARI GAMBAR HISTAT TRACKER YANG SAYA MARKING DIATAS" layout="nodisplay"></amp-pixel>

Silahkan kamu ganti URL DARI GAMBAR HISTAT TRACKER YANG SAYA MARKING DIATAS dengan url dari hidden tracker (perhatikan gambar yang ada dinomor 4). Jangan lupa juga gunakan HTTPS pada url-nya. Pada kode (&) yang ada di-url hidden tracker, silahkan ganti menjadi (&amp;). Contoh penampakannya seperti dibawah ini:

Penampakan sebelum :

//sstatic1.histats.com/0.gif?4155499&101

Penampakan sesudah ditambah https: dan &amp; :

https://sstatic1.histats.com/0.gif?4155499&amp;101

Demikianlah tutorial mengenai penerapan/pemasangan widget histats hidden tracker pada blog AMP. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar