Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Memperbaiki Samsung J2 Prime karena Bootloop

Sepertinya sudah tidak aneh lagi jika ponsel yang memilki system operasi open source seperti beberapa type ponsel android yang tiba – tiba mengalami masalah pada softwarenya (bootloop). Hal tersebut biasanya terjadi karena adanya beberapa faktor seperti kesalahan dalam pemakaian, software masih memiliki bugs, sering menginstal aplikasi secara berlebihan namun memori internal maupun ram yang tidak memadai, dan juga bisa terjadi karena terjangkit malware dan/atau virus.

Selain permasalahan seperti diatas, bootloop terjadi karena ponsel sering dicustom room atau root system namun proses customnya tidak sesuai dengan spek ponsel. Maka atas kejadian seperti itu, terjadilah yang namanya ponsel sering hang dan yang lebih fatalnya bisa mengakibatkan bootloop. Jika sudah bootloop, mau tidak mau harus disoftware ulang (instal kembali).

Beruntungnya memiliki ponsel android adalah ketika ponsel bootloop cara memperbaikinya pun sangatlah mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal agar ponsel kembali sehat. Namun jika kamu memiliki uang yang banyak dan tidak mau pusing, bisa saja dibawa langsung ke service center terdekat dengan catatan ponselmu pastinya akan menginap cukup lama.

Jika tidak ingin ponselmu berlama – lama menginap, tidak ada salahnya mencoba memperbaikinya sendiri dengan bermodalkan quota internet dan/atau wifi dan kabel data USB. Kenpa harus memiiki quota internet? Karena nantinya quota internet tersebut akan digunakan untuk mengunduh beberapa tools yang diperlukan.

Berikut ini saya mencoba berbagi tips untuk memperbaiki ponsel Samsung J2 Prime SM-G532G dengan cara flashing melalui bantuan tool ODIN. Untuk langkah – langkahnya bisa disimak dibawah ini. Sebelum memulai flashing, terlebih dahulu siapkan 3 bahan berikut:

  1. Unduh Driver USB Samsung Galaxy J2 Prime
  2. Unduh Odin v3.11.1
  3. Unduh Firmware Galaxy J2 Prime G532G

Setelah bahan - bahan diatas sudah siap, jangan lupa di ekstrak dulu file undahan yang berformat zip ya. Matikan ponsel (maksudnya tidak menyala dalam keadaan stuck di logo Samsung).

  1. Sekarang hidupkan ponsel dengan cara menekan tombol (Volume Down + Home + Power) secara bersamaan sampai muncul warning! untuk masuk kedalam Mode Download, kemudian tekan tombol Volume UP sebanyak satu kali;
  2. Sambungkan ponsel J2 Prime ke laptop dengan menggunakan kabel USB;
  3. Buka tool Odin v3.11.1. Pastikan ponsel sudah terdeteksi oleh tool odin pada kolom ID:COM;
  4. Masukan file Unduhan Firmware Galaxy J2 Prime G532G pada kolom AP;
  5. Tekan tombol START untuk menjalankan proses flashing;
  6. Tunggu proses flashing tersebut sampai selesai dengan ditandainya keterangan PASS dan ponsel melakukan restart secara otomatis.

Demikianlah tips yang bisa saya sampaikan mengenai cara flashing ponsel samsung J2 Prime. Ada baiknya setelah proses flashing selesai, lakukanlah hard reset kembali agar firmware bisa berjalan dengan sempurna dengan cara wipe data/factory reset.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar