Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Penyebab laptop selalu minta tekan tombol F1 saat dihidupkan.

Bukan hanya laptop yang sudah lawas saja yang sering mengalami kerusakan, tetapi laptop yang tergolong baru pun terkadang memiliki masalah baik itu penyebabnya dari hardware maupun software.

Namun masalah umum yang sering mengalami kerusakan adalah laptop yang sudah berusia diatas 1 tahun, jika kamu merasa laptopmu menunjukan tanda - tanda keanehan sebaiknya lakukan pengetesan agar dapat diketahui secara langsung permasalahannya.

Selain tombol fisik keyboard yang mengalami kerusakan, masih ada beberapa penyebab laptop selalu meminta perintah tekan tombol F1 saat pertama kali laptop dihidupkan.

BACA JUGA : Cara Melepas Kipas Fan Laptop HP 1000

Permasalahan umum yang akan saya uraikan disini adalah laptop selalu meminta menetekan tombol F1 saat pertama kali dihidupkan:

  1. Yang pertama adalah set pengaturan tanggal dan waktu;
  2. jika kamu mengalami kejadian seperti ini sebaiknya lihat dulu pengaturan tanggal dan waktunya, coba sesuaikan dengan tanggal yang sekarang melalui menu pengaturan jam.

  3. settingan BIOS yang tidak sesuai;
  4. Settingan bios pun dapat mempengaruhi kinerja laptop saat melakukan booting, jika salah dalam penyetingannya bisa berdampak lamanya proses booting.

  5. Cek kondisi baterai CMOS;
  6. Jika laptop yang sudah berusia cukup lama, sebaiknya ganti baterai cmos karena baterai yang sudah lemah dapat berpengaruh terhadap kinerja laptop. Bahkan jika baterai mati total, ketika laptop dihidupkan semua settingan waktunya tidak akan sesuai dengan waktu yang sekarang.

  7. Lemahnya kipas fan; dan
  8. Kejadian ini baru saja saya alami, jika kamu mengalami seperti ini sebaiknya segera lumasi kipas tersebut dengan pelumas yang bagus agar bisa berfungsi dengan baik. Namun cara ini tergolong sulit karena harus membongkar mainboard laptop, sebaiknya bawa keahlinya jika kamu masih ragu untuk membongkarnya.

  9. Hardisk mengalami kerusakan.
  10. Untuk mengecek kondisi hardisk sehat atau tidaknya, sebaiknya gunakanlah tool diagnotik kecuali jika hanya sebatas mengecek kondisi fisiknya saja. Jangan sekali - kali membongkar hardisk karena sangat rawan rusak, lebih baik ganti dengan yang baru. Untuk harga hardisk laptop dengan kapasitas 600 GB berkisar antara 700.000 keatas tergantung merk dan modelnya.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya informasikan berdasarkan pengalaman saya sendiri, jika ada kesalahan atau ada yang harus ditambahkan silahkan beri komentar dibawah supaya informasi ini lebih bermanfaat lagi. Sekian dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar