Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Rumus Menghitung Umur (Tahun dan Bulan) Secara Cepat

Di zaman modern seperti sekarang ini, segala sesuatu dapat dikerjakan dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini tidak lain berkat kemajuan teknologi yang semakin hari semakin canggih yang bisa membantu mempermudah pekerjaan manusia dalam mengerjakan segala sesuatunya dan/atau tugas - tugasnya.

Misalkan pada beberapa pekerjaan dan/atau instansi tertentu terutama instansi pendidikan di tingkat sekolah, biasanya sangat memerlukan data yang berkaitan dengan umur dan/atau usia kerja baik pendidik maupun tenaga kependidikan. Seperti pada format daftar 1 yang memerlukan usia kerja seseorang untuk menghitung jumlah tahun dan bulan selama ia mengabdi di sekolah tersebut.

Baca juga:
Cara Membuat Baris Warna Secara Otomatis di Ms. Excel

Pada postingan ini, saya akan membahas tentang cara menghitung umur dan/atau usia kerja dengan menggunakan rumus yang ada pada microsoft excel yaitu rumus fungsi “DATEDIF”. Secara umum rumus fungsi dateif digunkan untuk menghitung jumlah hari, bulan, maupun tahun di antara dua tanggal. Namun kita juga bisa memakai rumus ini untuk menentukan tahun dan bulan saja.


Perhatikan rumus berikut ini:

Rumus tahun =DATEDIF(T4;TODAY();"y") 
Rumus bulan =DATEDIF(S4;TODAY();"ym") 

    Keterangan:
  • "T4" adalah adalah kolom TMT lamanya mengajar di sekolah;
  • "TODAY()" adalah krteria yang menunjukan waktu hari ini;
  • "y" adalah masa kerja tahun; dan
  • "ym" adalah masa kerja bulan.

Untuk lebih jelas dalam membaca detail rumusnya, silahkah download format daftar 1 yang sudah saya sediakan dibawah ini.

DOWNLOAD
Download format daftar 1

Contoh rumus diatas adalah dengan menggunakan dua buah kolom, yaitu kolom tahun dan kolom bulan secara terpisah. jika cukup hanya untuk satu kolom saja, maka rumusnya seperti dibawah ini.


Contoh rumus tahun dan bulan dalam satu kolom:

=DATEDIF(E2;TODAY();"y")&" Tahun,"&DATEDIF(E2;TODAY();"ym")&" Bulan"

Contoh rumus tahun, bulan dan hari dalam satu kolom:

=DATEDIF(E2;TODAY();"y")&" Tahun,"&DATEDIF(E2;TODAY();"ym")&" Bulan,"&DATEDIF(E2;TODAY();"md")&" hari"

Cara - cara diatas yang telah saya uraikan adalah tips untuk menentukan jumlah tahun dan bulan dengan cepat dan tentunya lebih efisien waktu dibandingkan dengan cara manual satu persatu.

Demikianlah tips singkat yang bisa saya bagikan kepada rekan - rekan pembaca sekalian. Silahkan berikan komentar atau chat langsung jika ada yang perlu ditanyakan. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar