Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Sebaiknya Non Aktifkan Fitur Unduh Otomatis WhatsApp

Bagi pemilik ponsel seluler yang mempunyai keterbatasan media penyimanan internal, sebaiknya Non Aktifkan Fitur Unduh Otomatis yang telah disediakan oleh WhatsApp. Fitur yang satu ini berguna untuk mengurangi menumpuknya file - file sampah yang tidak diperlukan lagi.

Pernahkah kamu menyadari bahwa file - file seperti gambar, video maupun yang dalam bentuk gift yang dikirim dari sahabat maupun dari group - group whatsapp. Jika dibiarkn secara terus menerus, dan tanpa disadari bahwa file - file tersebut secara otomatis akan tersimpan pada memori internal. Hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah bila ponsel tersebut memilik kapasitas penyimpanan internal yang besar. Namun bagaimana jika kapasitas yang tersedia hanya sebesar 16 GB maupun 64 GB? tentunya saya rasa ini akan menjadi masalah dan berdampak buruk terhadap kinerja ponsel.

Untuk menghindari dampak tersebut, sebaiknya kita sendiri harus bisa mengantisipasinya dengan menonaktifkan uduhan otomatis. Dengan mengaktifkan fitur ini, kita bisa memilah dan memilih file - file apa saja yang dirasa cukup penting dan layak untuk disimpan pada memori kita, cukup dengan men-tap file kiriman yang ingin dilihat saja. Jika ternyata file yang sudah kita lihat ternyata tidak begitu penting, ada baiknya langsung dihapus sekedar untuk mengurangi ruang penyimpanan.

Cara mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, kamu cukup pergi ke menu pengaturan whatsapp yang ada pada pojok kanan atas layar (titik tiga), dilanjutkan dengan memilih "setelan". Kemudian buka opsi penggunaan data dan penyimpanan, ditahap ini (unduh otomatis media) ada 2 pilihan yaitu saat menggunakan data seluer dan saat terhubung ke wifi. Hilangkan semua tanda centang unduh otomatis, baik saat menggunakan data seluler maupun saat terhubung dengan koneksi wifi. Kemudian tekan perintah "OK", selamat fitur unduh otomatis telah berhasil dinon-aktifkan.

Setelah opsi diatas sudah dilakukan, tetapi memori internal yang tersisa masih sedikit. Sebaiknya pindahkan semua file - file yang masih tersimpan di memori internal (seperti gambar, video, animasi gift dan lain - lain) ke memori eksternal. Hapus juga aplikasi - aplikasi yang jarang kamu gunakan. Hal ini bisa membantu memperbesar ruang penyimpanan.

Bagaimana, mudah bukan? tips ini sampai sekarang masih saya gunakan, berhubung handphone saya hanya memiliki kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar