Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Waduh, RawGit Akan Ditutup, Segera Ganti Ke Layanan Migrasi Lainnya

Setelah lima tahun hadir, kini RawGit sedang dalam fase sunset dan akan segera menutup layanannya. Repositori Github yang menyajikan konten dalam 1 bulan terakhir ini akan tetap dilayani hingga batas waktu Oktober 2019.

Informasi mengenai kabar penutupan RawGit sendiri , bisa dicek langsung melalui portal rawgit.com. Untuk url repositori yang lainnya sudah tidak dilayani lagi. Jika kamu masih masing menggunakan RawGit, segeralah berhenti dan jangan digunakan kembali mulai dari sekarang.


Baca jug : 
Cara Pasang Histats Tracker di Blog AMP

Awal dari penutupan layanan RawGit karena ada beberapa alasan yang diantara yaitu :
  1. Menurut Ryan Grove ( @yaypie ), RawGit hanya sebuah proyek dari hobi yang kecil, namun tidak disangka - sangka proyek ini bisa mencapai 4,2 miliar permintaan hingga memakan bandwidth sebesar 176 terabyte; dan
  2. RawGit menjadi mekanisme distribusi yang menarik untuk malware, yang tadinya difungsikan untuk meningkatkan kehidupan orang-orang, tetapi malah digunakan untuk menyakiti orang. Ryan Grove tidak memiliki waktu untuk berjuang melawan malware dan penyalahgunaan di RawGit.
Bagi blog kamu yang masih menggunakan tool gratisan dari RawGit ini, sekarang kamu bisa migrasikan ke aternatif tool lainnya seperti staticaly.com/rawgit.

Untuk pengguna template yang didesain oleh KOMPIAJAIB, cara melakukan migrasinya ternyata sangat mudah. Kamu bisa ikuti tips-nya dibawah ini.
  1. Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah masuk ke menu edit html, selanjutnya copy semua template tersebut dan pindah ke lembar kerja notepad. Jangan lupa dibackup terlebih dahulu untuk menghindari kerjadian tak terduga.
  2. Pada lembar kerja notepad, silahkan cari url https://cdn.rawgit.com/, ganti semua url tersebut menjadi https://cdn.staticaly.com/gh/

    Contohnya:
    https://cdn.rawgit.com/KompiAjaib/font/master/product-sans-regular.ttf

    menjadi
    https://cdn.staticaly.com/gh/KompiAjaib/font/master/product-sans-regular.ttf
Ganti semua url - url tersebut seperti contoh diatas. Namun ada satu url yang cukup dengan https://cdn.staticaly.com tanpa perlu menambahkan gh/ yang letaknya berada pada dns-prefetch seperti contoh berikut:
<link href='https://cdn.staticaly.com' rel='dns-prefetch'/>
Jika semua url-nya sudah diganti, sekarang copy semua file yang berada dilembar kerja notepad tadi, lalu paste-kan di menu edit html blog kamu dengan cara ditimpa secara langsung.

Untuk template selain buatan KOMPIAJAIB, bisa juga menggunakan cara diatas. Tenang saja, penutupan Rawgit masih lama, masih ada jeda waktu selama satu tahun kedepan, jadi jangan terlalu panik ya. Hehehe...

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar