Skip to main content

Cara menampilkan tab worksheet dan scroll bar yang disembunyikan

Pada sebagian aplikasi yang menggunakan basic dasar dari microsoft excel sering kali kita melihat ada beberapa tab dari bagian - bagian yang disembunyikan seperti tampilan sheet tabs, vertical scroll bar maupun horizontal scroll bar.

Jika kamu mendapati tampilan yang seperti demikian, cara menampilkannya sangatlah mudah. Untuk menampilkan beberapa item tab yang disembunyikan sebagian besar terletak pada pengaturan dari microsoft excel itu sendiri. Bagi pemula yang baru mengenal excel, dengan menyembunyikan tab worksheet maupun scroll bar dapat membuat bingung dan risih.

BACA JUGA : Cara merubah angka menjadi teks kalimat di microsoft excel menggunakan rumus terbilang

Selain pada pengaturan excel, ada juga fungsi visibilty hide dan unhide seperti hide row, hide columns, dan hide sheet maupun sebaliknya. Cara kerja pada visibility hide dan unhide yaitu hanya menyembunyikan/menampilkan sheet tabs , row dan columns secara satu persatu. Fungsi ini tidak terdapat pada menu pengaturan, tetapi terletak pada tab menu bar.

Untuk menampilkan kembali tampilan sheet tabs dan scrol bar baik vertikal mau horizontal, carilah pada menu pengaturan yang terletak pada:

  1. Jika pada lembar kerja excel 2010, arahkan kursor pada Tab File yang terletak pada tab ribbon pojok kiri atas, dilanjutkan dengan memilih Option, maka akan muncul sebuah tabel baru excel options;
  2. Pilih Advanced dan scrol kebawah sampai menemukan Display options for this workbook;
  3. Beri tanda ceklist pada ketiga opsi tersebut seperti pada gambar dibawah ini dan jangan lupa simpan pengaturannya atau tekan tombol OK. Begitu pun sebaliknya jika ingin menyembunyikannya kembali.

Sedangkan untuk menampilkan beberapa isi sheet, seperti show sheet tabs, show row maupun show column (begitu pun sebaliknya), cukup dengan mengarahkan kursor menuju Tab Home dan arahkan kembali kursor pada tool bar Format, pilih visibility dan gulirkan kursor pada pilihan Hide & Unhide seperti tampak pada gambar berikut:


Cara menampilkan sheet tabs dan scrol bar sangat mudah bukan? Jika masih kurang jelas dengan tutorial diatas, Sebaiknya simak video berikut ini:

Demikianlah tutorial mengenai cara menampilkan tab worksheet dan scroll bar yang disembunyikan yang ternyata sangat mudah untuk menampilkannya kembali pada lembar kerja excel.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT