Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

3 Jenis Referensi Cells Excel yang Perlu Kamu Ketahui


Pada saat menggunakan rumus excel pada lembar kerja excel, sebaiknya menggunakan nilai dalam referensi cells. Penggunaan referensi cells ini memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan nilai yang dituliskan langsung kedalam formula. JIka ada perubahan nilai dalam referensi cells, rumus yang telah dibuat akan melakukan perhitungan ulang sehingga diperoleh hasil perhitungan yang baru. Contohnya =B3*D3 jika difiil kebawah makan akan itut berubah menjadi =B4*D4 secara otomatis.

1. Referensi Cells Relatif
Pada umunya, semua referensi cells merupakan referensi relatif. Ketika disalin dalam beberapa cells, cells - cells tersebut akan berubah berdasarkan posisi relatif baris dan kolom. Misalnya, jika ingin menyalin rumus =B3*D3 dari baris 3 ke baris 4, rumus akan menjadi =B4*D4. Referensi relatif sangat baik digunakan apabila setiap kali Anda ingin mengulang perhitungan yang sama di beberapa baris atau kolom.



Contoh Referensi Cells Relatif

2. Referensi Cells Absolut
Sel absolut yang digunakan pada rumus yang jika disalin akan tetap menunjuk kepada cells yang terletak pada lokasi yang tetap. Apabila posisi sel yang berisi rumus berubah, posisi referensi cells tidak akan berubah, sehingga akan dihasilkan hasil yang tetap sama.



Contoh Referensi Cells Absolut

Cara menuliskan Referensi Cells Absolut :
  1. Tempatkankan pointer pada sel C3. Ketikkan tanda = kemudian pilih sel D3. Tekan tombol F4 pada keyboard sebanyak 1 kali sampai referensi sel berubah menjadi $D$3. Ketikkan tanda * kemudian pilih sel B3.
  2. Tekan Enter. Sel C3 akan menampilkan total penjualan yang dibeli oleh Nana yaitu sebesar 172.500. Nilai tersebut merupakan hasil perkalian data dalam sel B3 dan D4.
  3. Tempatkan pointer pada sel D3. Untuk menyalin perhitungan pada baris selanjutnya, tekan tombol kombinasi ctrl + c atau tombol Copy dalam tab home group clipboard. Block tange C4:C5. Tekan tombol kombinasi ctrl + v atau tombol Paste dalam tab home group clipboard. Bentuk formula hasil salinan dalam sel C5 adalah $D$3*B5. Referensi sel D3 yang disalin tidak mengalami penyesuaian karena baris dan loomnya terkunci, yang ditandai dengan adanya tanda "$" didepan kolom dan baris.


3. Referensi Cells Semi Absolut
Cells Referensi Semi Absolut merupakan gabungan antara referensi absolute dan relative. Lihat contohnya berikut ini :



Contoh Referensi Cells Semi Absolut

Cara menuliskan Referensi Cells Semi Absolut :
  1. Tempatkankan pointer pada sel E3. Ketikkan tanda = kemudian pilih sel B3. Tekan tombol F4 pada keyboard sebanyak 3 kali sampai referensi sel berubah menjadi $B3. Ketikkan tanda * kemudian pilih sel D3. Tekan tombol F4 pada keyboard sebanyak 2 kali sampai referensi sel berubah menjadi D$3.
  2. Tekan tombol Enter. Sel E3 akan menampilkan harga kertas HVS sebesar 172.500. Nilai tersebut merupakan hasil perkalian data dalam sel B3 dengan D3
  3. Copy sel E3, lalu pastekan pada baris sel F3. Maka hasilnya akan tetap sama.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar