Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

4 Macam Rumus Excel COUNT yang Sangat Berguna Tapi Jarang Dipakai

Masih dengan rumus excel, kali ini admin BERPUSAT akan berbagi tips tentang cara sederhana yang bisa dipraktekan dengan mudah yang kedepannya semoga bisa diterapkan dalam berbagai pekerjaan yang menyangkut dengan lembar kerja excel.

Pastinya ada perbedaan waktu yang diperlukan antara bekerja dengan cara manual dibandingkan dengan cara menggunakan rumus yang terdapat pada lembar kerja excel. Disamping itu, bekerja dengan menggunakan rumus excel bisa dapat mengoreksi nilai kesalahan dengan cepat dan terperinci serta tentunya akan terkesan lebih profesional dalam bekerja.

Berikut 4 Macam turunan Rumus Excel COUNT yang Sangat Berguna Tapi Jarang Dipakai oleh sebagian orang:

1. Rumus COUNT

Rumus COUNT biasa dipakai untuk menghitung banyaknya jumlah cells yang berupa angka pada suatu range tertentu. Jika didalam cells tersebut berisi data bukan angka, maka tetap akan dihitung nol (0).

DOWNLOAD
Download Latihan dan Hasil

Cara kerja penulisan rumus COUNT pada soal latihan:

  1. Tulisakan rumus =COUNT(A5:E27) pada cells C2, kemudian tekan Enter.
  2. Hasil perhitungan akan menampilkan jumlah cells berisi data numerik pada range A5:F27 sebanyak 92.
  3. Kenapa cells - cells pada nama barang tidak ikut terhitung seperti kertas HVS F4 dan lain-lain? Karena buka data numerik, maka akan dianggap nol (0).

2. Rumus COUNTA

Rumus COUNTA biasa dipakai untuk menghitung seluruh data baik yang berupa angka maupun teks yang terdapat pada sekumpulan cell atau range tertentu, kecuali cells tersebut benar - benar kosong.

DOWNLOAD
Download Latihan dan Hasil

Cara kerja penulisan rumus COUNTA pada soal latihan:

  1. Tulisakan rumus =COUNTA(A10:F21) pada cells F3, kemudian tekan Enter.
  2. Pada cells F3 merupakan jumlah banyaknya cells yang berisi angka dan teks (tidak termasuk pada cells yang kosong).
  3. Semua cells yang ada pada tabel REKAPITULASI BELANJA BAHAN BANGUNAN akan ikut terhitung, kecuali cells yang benar -benar kosong (Bukan angka nol) yaitu berjumlah 57 cells.

3. Rumus COUNTBLANK

Rumus COUNTABLANK merupakan kebalikan dari rumus COUNTA, yaitu biasa dipakai untuk menghitung banyak jumlah cells kosong pada range tertentu yang telah ditentukan.

DOWNLOAD
Download Latihan dan Hasil

Cara kerja penulisan rumus COUNTBLANK pada soal latihan:

  1. Tulisakan rumus =COUNTBLANK(A10:F21) pada cells F3, kemudian tekan Enter.
  2. Pada cells F3 merupakan jumlah banyaknya cells yang benar - benar kosong (tidak termasuk angka nol, tanda baca maupun simbol).
  3. Semua cells kosong yang ada pada tabel REKAPITULASI BELANJA BAHAN BANGUNAN akan ikut terhitung, yaitu berjumlah 15 cells.

4. Rumus COUNTIF

Dalam latihan ini, rumus COUNTIF dipakai untuk menghitung banyaknya jumLah uraian dari nama barang yang ada pada tabel REKAPITULASI BELANJA BAHAN BANGUNAN.

DOWNLOAD
Download Latihan dan Hasil

Cara kerja penulisan rumus COUNTIFS pada soal latihan:

  1. Tulisakan rumus =COUNTIF(B11:B24;F2) pada cells F3, kemudian tekan Enter.
  2. Pada cells F3 merupakan jumlah banyaknya nama barang dicatat dalam tabel seperti cat tembol yang berjumlah 5 yang ditulis pada tabel.

5. Rumus COUNTIFS

Rumus COUNTIF biasa digunakan untuk menghitung jumlah banyaknya data pada cells atau range yang memiliki kriteria-kriteria tertentu lebih dari 1 kriteria).

DOWNLOAD
Download Latihan dan Hasil

Cara kerja penulisan rumus COUNTIFS pada soal latihan:

  1. Tulisakan rumus =COUNTIFS(C10:C15;">5";B10:B15;"Cat Tembok") pada cells F3, kemudian tekan Enter.
  2. Pada cells F3 ini menjelaskan bahwa, banyaknya jenis Cat Tembok yang memiliki volume lebih dari 5 yaitu sebanyak 3 item.

Bagaimana, cukup mudah bukan? cara diatas merupakan cara paling dasar agar mudah untuk dipahami dan bisa untuk dipraktekkan kembali. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar