Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

9 Rumus Excel dan Turunannya yang Wajib untuk Dipakai


Pada kesempatan kali ini saya akan coba sharing tentang beberapa fungsi excel yang biasa dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan baik sekolah maupun kantoran dengan waktu yang lebih efisien. Berikut fungsi excel yang sering digunakan :

1. Rumus AVERAGE
Rumus average merupakan rumus yang biasa digunakan untuk menghitung jumlah nilai dalam kelompok data dibagi dengan banyaknya data.

=AVERAGE(number1;[number2];...)

Keterangan :
  • Number1 merupakan cells yang akan dihitung rata - ratanya.
  • number2 adalah data angka tambahan yang akan dihitung rata - ratanya.

Baca juga:

2. Rumus AVERAGEIF
Rumus AVERAGEIF merupakan fungsi rumus yang biasa digunakan untuk menghitung nilai rata-rata suatu range dalam kriteria tertentu.


Cara kerja penulisan rumus pada soal latihan:
  1. Tuliskan nama barang yang ingin dirata - rata seperti cat tembok,kuas, rhinner dll pada cells F2 (satu persatu) atau dengan menggunakan fitur list data validation.
  2. Tuliskan rumus pada cells F4 dengan rumus =AVERAGEIF(B11:B22;F2;F11:F22). Sebagai contoh untuk cat tembok rata - rata harga cat tembok sebesar 520.000

3. Rumus SUM
Rumus SUM berfungsi untuk menjumlahkan nilai-nilai dalam cell dari setiap baris maupun kolom yang akan dihitung nilainya.


Cara kerja penulisan rumus pada soal latihan:
  1. Tuliskan rumus pada cells F22 dengan rumus =SUM(F9:F20)
  2. Cells F22 tersebut merupakan jumah total dari tabel REKAPITULASI BELANJA BAHAN BANGUNAN yang harus dibayar sebesar 2.415.500 rupiah.

4. Rumus SUMIF
Pada umumnya, rumus SUMIF memiliki fungsi yang sama dengan rumus SUM, akan tetapi rumus SUMIF dapat menjumlahkan nilai-nilai dengan tambahan kriteria tertentu.


Cara kerja penulisan rumus pada soal latihan:
  1. Tuliskan nama barang yang ingin dirata - rata seperti cat tembok,kuas, rhinner dll pada cells F2 (satu persatu) atau dengan menggunakan fitur list data validation.
  2. Tuliskan rumus pada cells F4 dengan rumus =SUMIF(B11:B22;F2;F11:F22). Sebagai contoh jumlah total harga thinner sebesar 130.500 rupiah.

5. Rumus MAX
Rumus MAX adalah rumus fungsi yang biasa digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu cell yang berurutan dalam suatu range tertentu.


Cara kerja penulisan rumus pada soal latihan:
  1. Tuliskan rumus pada cells F2 dengan rumus =MAX(F9:F20)
  2. Dari rumus MAX tersebut, maka akan dihasilkan harga paling tinggi dari uraian nama barang yang ada didalam tabel REKAPITULASI BELANJA BAHAN BANGUNAN yaitu sebesar 650.000 rupiah.

6. Rumus MIN
Kebalikan dari rumus MAX, rumus MIN digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu cell yang berurutan dalam suatu range tertentu.


Cara kerja penulisan rumus pada soal latihan:
  1. Tuliskan rumus pada cells F2 dengan rumus =MIN(F9:F20)
  2. Dari rumus MIN tersebut, maka akan dihasilkan harga paling rendah dari uraian nama barang yang ada didalam tabel REKAPITULASI BELANJA BAHAN BANGUNAN yaitu sebesar 14.500 rupiah.

7. Rumus SUMPRODUCT
Rumus SUMPRODUCT merupakan pengabungan dari (sum) penjumlahan dan (product) perkalian pada beberapa atau banyak cell sekaligus, rumus ini bisa digunakan mempercepat dalam pengolahan data jika jumlahnya banyak.


Cara kerja penulisan rumus pada soal latihan:
  1. Tuliskan rumus pada cells F2 dengan rumus =SUMPRODUCT(C9:C20;E9:E20)
  2. Dari rumus SUMPROCDUCT tersebut, maka akan dihasilkan total harga dari uraian nama barang yang ada didalam tabel REKAPITULASI BELANJA BAHAN BANGUNAN yaitu sebesar 2.415.500 rupiah.

8. Rumus SMALL
Rumus fungsi SMALL merupakan salah satu rumus statistik pada Microsoft Office Excel yang digunakan untuk mengembalikan nilai k-th yang paling kecil dalam rangkaian data.


Cara kerja penulisan rumus pada soal latihan:
  1. Tuliskan nomor urut pada cells F2 (satu persatu) atau dengan menggunakan fitur list data validation.
  2. Selarang tuliskan rumus pada cells F4 dengan rumus =SMALL(F11:F22;F2) .Sebagai contoh untuk urutan harga pertama (nomor 1) terendah yaitu sebesar 14.500 rupiah.

9. Rumus LARGE
Rumus LARGE fungsi large merupakan sebuah rumus yang digunakan untuk mencari atau mengembalikan nilai terbesar. Nilai terbesar yang dikembalikan bisa merupakan nilai terbersar pertama, kedua dan seterusnya dari suatu rentang sel yang ditentukan.


Cara kerja penulisan rumus pada soal latihan:
  1. Tuliskan urutan nomor barang (kriteria) seperti urutan ke-1, ke-2 dan seterusnya (satu persatu) atau dengan menggunakan fitur list data validation pada cells C2.
  2. Tuliskan nomor urut pada cells F2 (satu persatu) atau dengan menggunakan fitur list data validation.
  3. Sekarang tuliskan rumus pada cells F4 dengan rumus =LARGE(F11:F22;F2). Sebagai contoh untuk urutan harga pertama (nomor 1) tertinggi yaitu sebesar 650.000 rupiah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar