Skip to main content

Cara Membuat Nomor Otomatis dengan Sel Kosong

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa microsoft excel memiliki banyak fitur yang sangat berguna yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan. Salah satu fitur excel yang paling sering dipakai adalah membuat penomoran secara otomtis.

Membuat nomor urut secara otomatis pada excel sangatlah mudah jika pada sel - sel yang akan diurutkan memiliki nilai atau sel - sel tersebut tidak kosong. Namun yang cukup menyulitan kita adalahnya cara memberi nomor urut otomatis dengan melewati sel - sel yang kosong tetapi nomornya terusun dengan benar.

Jika hanya menggunakan rumus otomatis yang biasa, tentu tidak akan memperoleh hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tips mudah membuat penomoran secara otomatis dan terurut walaupun sel - sel yang dilewatinyanya adalah sel - sel yang kosong.

Tips yang akan admin bagikan yaitu dengan memanfaatkan rumus fungsi IF dan rumus fungsi COUNTA, untuk penerapannya yuk perhatikan gambar dibawah ini :


DOWNLOAD
Download Latihan dan Hasil

Untuk membuat nomor otomatis yang ada pada gambar diatas, maka caranya yaitu sebagai berikut :

  1. Tempatkan pointer pada sel A6, kemudian tuliskan rumus =IF(B6<>"";COUNTA($B$6:B6);""). Tekan Enter.
  2. Untuk memberikan simbol "$", tekan tombol F4 sebanyak satu kali.
  3. Setelah rumus berhasil dibuat, copy rumus tersebut. Kemudian blok pada range A6:A29 dan paste-kan.

Agar bisa diparaktekan dan dapat membaca rumusnya dengan jelas, silahkan unduh contoh latihan dan hasil pada tombol unduhan diatas.

Apabila pada penomoran otomatisnya ingin diberikan tanda titik pada angka disebelah kanannya, pada rumus tersebut tambahkan dengan tanda &".";"" sehingga menjadi =IF(B6<>"";COUNTA($B$6:B6)&".";"").

Demikianlah tips dari admin tentang cara membuat nomor urut otomatis atau penomoran otomatis diexcel dengan sel yang kosong (beberapa sel kosong).


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT