Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Menggabungkan Kalimat dengan Format Tanggal di Excel


Sebetulnya, jika kita rajin googling di internet dengan kata kunci cara menggabungkan kata atau kalimat di-excel sudah banyak sekali ulasannya. Namun rata - rata rumus yang mereka digunakannya adalah rumus (&" "&) seperti =A1"& "&B1. Setahu saya, dengan menggunakan rumus tersebut masih memiliki kekurangan yaitu hanya mampu menggabungkan dua cells saja. Berbeda dengan menggunakan rumus CONCATENATE yaitu bisa menggabungkan kalimat atau kata dengan banyak cells.

CONTOH penggunaan rumus dengan simbol (&" "&), Tempatkan ponter pada cells A4 kemudian awali dengan simbol "=" seperti =A1"& "&B1. Tekan Enter. Maka hasilnya dari rumusnya akan seperti pada gambar dibawah ini :



Contoh menggabungkan kalimat

1. MENGGABUNKAN KALIMAT DENGAN FORMAT TANGGAL
Untuk menggabungkan kalimat dengan banyak cells, sebaiknya gunakanlah rumus =CONCATENATE. Cara kerja rumus ini sangat mudah, berikut contoh yang bisa kamu praktekan :

CONTOH SOAL:
Tulis kan pada cells A1 dengan kata Nama, pada cells A2 tuliskan dengan kata Lahir. Kemudian tuliskan pada cells B1 dengan kata REZA AHMAD DANIAR dan pada cells B2 tuliskan dengan data lahir 19/06/2007.

JAWABAN:
Untuk menjawab soal tersebut, maka letakan pointer pada cess C2. Kemudian tuliskan rumsu =CONCATENATE(A1;" ";B1;" ";A2;" ";B2), maka hasilnya akan menjadi Nama REZA AHMAD DANIAR Lahir 39252.

Jawaban diatas merupakan jawaban dengan menggunakan rumus biasa karena data lahir atas nama REZA AHMAD DANIAR berubah menjadi 39252. Untuk mengembalikan tanggal lahir 39252 menjadi 19 Juni 2007, maka kita perlu melengkapi rumusnya menjadi =CONCATENATE(A1;" ";B1;" ";A2;" ";TEXT(B2;"dd mmmm yyyy")). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.



Jika hanya ingin menggabungkan kalimat dengan kalimat dibanyak cells yang berbeda, maka cukup menggunkan rumus =CONCATENATE yang biasa tanpa harus menambahkan TEXT(B2;"dd mmmm yyyy").


Lihat juga:
Rumus VLOOKUP HLOOKUP dan LOOKUP dalam Berbagai Format

2. MENGGABUNKAN KALIMAT DENGAN FORMAT ANGKA
Masih dengan penggunakan rumus =CONCATENATE tentang menggabungkan kalimat yang berbeda cells, sekarang pembahasannya ialah menggabungkan kalimat dengan format angka pada cells yang berbeda. Cara ini juga sama dengan cara diatas yaitu perlu perlakuan khusus. Agar lebih memahaminya maka perhatikan contoh berikut ini :

CONTOH SOAL:
Tulis kan pada cells A3 dengan kata Penghasilan Orangtua, pada cells B3 tuliskan dengan kata Rp 1.250.000.

JAWABAN:
Untuk menjawah soal ini maka, tempatkan pointer pada cells C3 kemudian tuliskan rumus =CONCATENATE(A3;" ";B3). Mak hasilnya menjadi Penghasilan Orangtua 1250000.

Untuk merapihkan harga 1250000 menjadi Rp 1.250.000. Maka tambahkan rumus menjadi =CONCATENATE(A3;" ";TEXT(B3;"Rp#.##0")). Lebih jelasnya perhatikan kembali gambar berikut :




Silahkan unduh contoh Latihan dan Hasil pada menu unduhan yang sudah saya sediakan diatas sebagai bahan praktek serta dapat melihat kembali susunan rumus tiap cells - cells-nya.

Demikian yang bisa admin sampaikan tentang cara menggabungkan kalimat deng format tanggal dan cara menggabungkan kalimat dengan format angka pada microsoft excel 2007 dan 2010. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar. Terima Kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar