Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Menggunakan Fitur Data Validation pada Excel 2010 dengan Mudah


Pastinya sudah pada tahu kan bahwa microsoft excel baik versi 2007, 2010 maupun versi diatasnya memiliki segudang fitur yang dapat kita gunakan untuk mempercepat hasil pekerjaan.

Berbeda halnya bekerja dengan excel dengan cara manual, tentu proses pekerjaanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dengan menggunakan rumus. Tentunya kita sendiri pun harus mahir dalam menggunakan rumus - rumus yang ada pada excel tersebut.

Pada kesempatan ini saya selaku admin BERPUSAT akan mengulas tentang cara menggunakan sebagian dari fitur Data Validation yang ada pada microsoft Excel. Yuk disimak ulasannya berikut ini :
  1. Sebagai contohnya, silahkan unduh file latihanya cara menggunakan List Data Validation disini.
  2. Tempatkan pointer pada cells C2, kemudian pilih Tab Menu dan pilih opsi Data Validation
  3. Pada valdiation criteria, pilih List. Pilih pada Source, lalu block pada range B6:B28. Kemudian tekan tombol OK. Perhatikan gambar diawah ini :
Jika cara yang telah saya tuliskan diatas, dan sudah dipraktekkan dengan berhasi, maka tampilan listnya akan seperti berikut.




Tentunya dengan menggunakan fitur Data Validation ini, akan memudahkan kita dalam membuat list secara vertikal tanpa harus menulis ulang satu persatu yang otomatis hanya menambah waktu pekerjaan.

Sebetulnya penggnaan dari fitur Data validation ini tidak hanya untuk membuat list vertikal saja, namun masih banyak kegunaanya yang tidak bisa saya sebutkan secara satu persatu. Next, mungkin dilain kesempatan akan saya coba ulas. Jika masih kurang mengerti dengan ulasan saya, silahkan kunjungi video tutorialnya tentang cara membuat list vertikal dengan data validation excel.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar