Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Mengenal Pesan Error dan Penyebab terjadinya pada Rumus Excel


Microsoft excel merupakan sebuah software pengolah data yang masih digemari sampai saat ini, terlebih bagi orang - orang berhubungan secara langsung dengan angka - angka maupun perhitungan. Kenapa software ini masih digemari sampai sekarang? Tentunya software tersebut memiliki banyak fitur yang dapat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang cepat.

Pogram pengolah data ini lebih mudah digunakan dibanding dengan program pengolah data yang lain karena memiliki segudang fitur (rumus fungsi) yang terdapat didalamnya, dan tentunya kita pun harus memiliki keahlian/mahir dalam memafaatkan fitur - fitur tersebut.

Secara teoritis memang cukup mudah menggunakan rumus excel, namun memerlukan kejelian dan ketelitian dalam pengerjaannya. Jika pada saat pembuatan rumus dengan fungsi execel ini telah terinput dengan tidak teliti maka hasilnya kemungkinan besar akan menyebabkan error alias pembacaan atau susunan rumusnya kurang tepat.

Berikut merupakan beberapa kode error yang akan tampil pada excel jika salah dalam menuliskan rumus atau ada beberapa rumus yang terhapus :
  1. #DIV/0!, Kode ini akan terjadi karena rumus dibagi dengan nol atau pada cells yang kosong
  2. #N/A, Terjadi saat value yang dituju atau tidak tersedia, kode ini akan terjadi saat menggunakan fungsi seperti LOOKUP, HLOOKUP, VLOOKUP.
  3. #NAME?, Terjadi karena salah dalam menulis rumus. Kode kesalahan ini biasanya terjadi pada saat menulis formula secara manual.
  4. #NUM!, Terjadi saat terjadi kesalahan dalam menuliskan value angka pada rumus.
  5. #NULL!, Terjadi jika range yang dipakai pada rumus tidak berpotongan alias tidak berintersect. Misalnya, saat menjumlahkan angka di C1 sampai dengan C20, tidak menambahkan simbol (:).
  6. #VALUE, error ini terjadi ketika excel menemukan adanya spasi, karakter, atau text dalam rumus yang seharusnya merupakan angka. Excel hanya dapat memproses rumus dari sel yang berisi angka, sehingga tidak akan merespon ketika menginput yang lain.
  7. #REFF, erros terjadi karena mereferensikan sebuah sell yang tidak valid seperti menghapus sebuah sel yang digunakan dalam rumus.
Demikian yang bisa saya sampaikan tentang penyebab terjadinya pesan error atau nilai error pada microsoft excel baik pada microsoft excel versi 2007, 2010 dan versi diatasnya. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar