Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Mengubah Simbol Desimal dan Ribuan di Microsoft Excel


Sesuai dengan janji saya yang ada pada postingan sebelumnya, yaitu tentang Mengenal simbol atau Operator Formula pada Microsoft Excel, maka topik yang akan saya ulas pada kesempatan kali ini yaitu tentang Mengubah Simbol Desimal dan Ribuan.

Setiap negara biasanya memiliki aturan dalam penggunaan simbol koma (,) dan titik (.) untuk memisahkan nilai desimal dan ribuan. Untuk negara Indonesia sendiri menggunakan simbol koma untuk memisahkan nilai desimal, sedangkan simbol titik digunakan untuk memisahkan nilai ribuan.

Pengaturan dalam penggunaan simbol koma dan titik juga berpengaruh pada penggunaan koma (,) dan titik koma (;) sebagai operator pemisah argumen dalam penulisan formula dan fngsi excel.

Bagi pengguna excel 2007 pilih pada Office Button yang letaknya berada pada sebelah kiri atas, kemudian pilih excel option. Tunggu beberapa detik sampai muncul kotak dialog excel option. Untuk menampilkan kotak dialog excel option pada microsoft excel 2010 dengan klik tab File yang posisinya terletak dipjok kiri atas juga, kemudian dilajutkan dengan memilih pilihan Option.


Jika ingin mengubah penggunaan simbol koma (,) dan titik (.) yang berbeda dengan dengan pengaturan sistem default komputer, cukup dengan menghilangkan tanda ceklist pada pilihan Use system separators.

Untuk melihat menu Use system separators tersebut, Pilih tab File, terus pilih Option dan pilih kembali pilihan advanced.Pada kotak isian decimal separator, isikan simbol pemisah desimal (titik dan koma). Ketikan simbol pemisah ribuan pada kotak isian thousands separator. Terakhir adalah dengan menekan tombol OK.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini :


Kurang lebih seperti itulah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar