Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Begini Cara Input Data Pada Aplikasi Simda BMD Dengan Mudah

Apa itu Aplikasi Simda BMD? Simda merupakan sistem informasi manajemen daerah dan BMD adalah kepanjangan dari Barang milik daerah. Program dari aplikasi tersebut biasa digunakan untuk pengelolaan barang milik daerah yang meliputi perencanaan, pengadaan, penatausahaan, penghapusan dan akuntansi barang daerah.

Berikut ini admin akan menjelaskan tentang langkah - langkah atau panduan dalam entri data asset yang pernah admin pelajari selama menjadi operator sekolah :


Kunjungi juga:

  1. Buka aplikasi simda BMD dengan cara klik kanan "run as administrator",
  2. Login dengan "username" dan "password" (untuk mendapatkan username dan password tersebiut silahkan minta ke tim asset),
  3. Tab ke menu "Data Entry" kemudian pilih "Penatausahaan". Pilih salah satu kartu inventaris barang (KIB) seperti Tanah, Peralatan dan Mesin, Gedung dan Bangunan, Jalan, irigasi, dan jaringan, aset tetap lainnya, konstruksi dalam pengerjaan, serta asset lainnya (Kalau di sekolah biasanya entri data pada asset tetap lainnya seperti pembelaian buku, komputer dan perlengkapannya, dll).


  4. Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc di keyboard untuk kembali.

  5. Contoh yang admin peragakan adalah memilih pada opsi "Aset tetap lainnya" kemudian pilih "UPB". Silahkan cari nama sekolah anda (Klik 2 x pada nama sekolah tersebut), dan tekan tombol "Aset Tetap Lainnya (KIB-E)"


  6. Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc di keyboard untuk kembali.

  7. Tekan tombol "Tambah". Isi semua data sesuai dengan Faktur dengan rinci dan jelas. Perhatikan gambar dibawah ini:


  8. Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc di keyboard untuk kembali.

Perhatikan pada kode aset (tentukan jenis kode rekeningnya) dan pilih pada penempatan barang disimpan apakah di ruang kelas, gudang atau kantor. Sebelum memulai entry data BMD, pastikan tugas pengelola barang sudah mendata semua barang dengan jelas serta membuat kartu inventaris barang untuk memudahkan petugas/operator sekolah dalam input aset.

Satu hal lagi, apabila jumlah volume barangnya banyak dan jumlah harga satuannya sama, maka beri tanda contreng pada opsi "Percepatan".

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai panduan enty data aset pada aplikasi simda BMD. Apabila terdapat kekurangan, silahkan berikan komentar dibawah. Termia kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar