Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Memisahkan File Pdf Halaman Tertentu

Apa itu pdf? Pdf merupakan kepanjangan dari portable document format yaitu salah satu jenis format dokumen yang dibuat oleh Adobe System, Inc. Sedangkan fungsi dari format yang ber-ekstensi pdf ini ialah untuk membuat dan/atau menyimpan sebuah dokumen baik yang berupa teks, gambar, teks dengan gambar atau hanya teks saja yang hanya dapat dibuka oleh aplikasi tertentu seperti adobe reader, nitro pdf, google pdf, WPS Office, pdf reader dan lain - lain.

Namun fokus ulasan admin yaitu bagaimana caranya memisahkan atau mengambil sebagian halaman pdf untuk keperluan tertentu dengan menggunakan aplikasi Nitro Pdf Converter? Awalnya karena sempat kebingungan, akhirnya ketemu juga caranya. Ternyata didalam aplikasi pdf sudah tersedia fitur untuk memisahkan halaman per halaman. Contohnya jika pada halam pdf terdapat 20 halaman, maka kita bisa memisahkan halaman tersebut satu - persatu (masih dalam format pdf) atau mengambil halaman 1 sampai dengan halaman 5 saja tergantung kebutuhan yang diperlukan.

Untuk memisahkan file pdf per halaman tertentu, kita bisa menggunakan fitur "split". Selain menggunakan aplikasi nitro pdf, bisa juga menggunakan trik online tanpa aplikasi seperti SmallPDF, ilovePDF, PDFCandy, dan aplikasi online yang sejenisnya.

Berikut merupakan langkah - langkah memisahkan file per halaman tertentu dan/atau per range tertentu dengan menggunakan Nitro Pdf Converter.

  1. Buka aplikasi Nitro Pdf Converter. Kemudian pilih tab "File" dilanjutkan tekan opsi "Open".
  2. Pilih lokasi penyimpanan, bisa dari Komputer, Google Drive, DropBox, OneDrive dan aplikasi penyimpanan sejenisnya, lalu tekan "Browse". Pilih file yang akan di-split atau dipisah per halaman.
  3. Tab pada bagian "Page Layout", dilanjutkan dengan memilih "Split", Maka akan muncul jendela "Split Pages". Kemudian pada bagian "Into files of" di opsi Splitting Method, set jumlah pages menjadi "1" agar file PDF dipisahkan per halaman. Pilih tombol "Split" untuk memulai proses pemisahalan file PDF.
  4. Apabila ingin memisahkan hanya halaman pada range tertentu seperti halaman 1 sampai halaman 7, dan halam 8 sampai dengan halaman 20, maka pada opsi splitting method pilih opsi "By Page Range (e.g. 1;4-6;8-9)" menjadi 1,1-7;8-20 pada kotak dibawahnya dan pada output di "Base Filename" tuliskan nama filenya sesuai keinginan (bebas). Pilih tombol "Split" untuk memulai proses pemisahalan file PDF.

Jika menggunakan selain dari aplikasi nitro pdf baik aplikasi offline atau secara online tanpa aplikasi, langkah - langkahnya hampir sama dengan cara diatas, tinggal disesuaikan saja. Namun perlu diketahui juga bahwa pada aplikasi nitro pdf selain untuk memisahkan halaman per halaman, aplikasi nitro memiliki fitur yang banyak dan bermanfaat seperti dapat mengkonverti file dari word ke pdf, excel ke pdf, teks dan gambar ke pdf dan sebaliknya dapat mengkonversi file dari pdf ke word, pdf ke excel, pdf ke teks yang memiliki banyak gambar serta masih banyak fitur - fitur lainnya yang sangat bermanfaat.

Apabila langkah - langkah diatas dirasa masih kurang jelas, sebaiknya simak video berikut ini :

Demikian tips tentang cara memisahkan file PDF halaman per halaman atau halaman dari rage tertentu dengan menggunakan aplikasi offline atau melalui situs online dengan mudah dan cepat. Semoga mudah untuk dipahami dan selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar