Skip to main content
BERPUSAT

follow us

Cara Menghapus Data Siswa Ganda di Dapodik 2020

Penyebab terjadinya data berganda atau data ganda pada peserta didik yang terdaftar didapodik kemungkinan terjadinya karena kesalahan dalam penggunaan kode prefill. Maksud dari penggunaan kode prefil ini yaitu kode yang sudah dipakai (tidak menggunduh kode prefil yang terbaru) namun dipakai kembali atau bisa juga karena sekolah tidak melakukan mutasi/mengeluarkan peserta didik tersebut.

Untuk menghindari kejadian data siswa ganda, sebaiknya pada saat menginstal aplikasi dapodik selalu menggunakan kode prefil yang terbaru hasil dari sinkronisasi.

Apabila aplikasi dapodik anda sudah terdampak memiliki data berganda, cobalah untuk melakukan uninstal aplikasi terlebih dahulu dan gunakan aplikasi yang paling baru seperti dapodik versi 2020.

BACA JUGA : Cara memperbaiki invalid data pada aplikasi Dapodik 2020

Berikut merupakan langkah - langkah memperbaiki data siswa ganda pada aplikasi dapodik 2020 :

  1. Uninstal aplikasi, setelah aplikasi berhasil di unistall maka komputer akan meminta restart. Direstart saja dulu ya.
  2. Instal aplikasi dapodik dengan versi yang terbaru. Jika belum punya, silahkan kunjungi laman ini dapodik 2020.
  3. Lakukan registrasi secara offline untuk mengindari kegagalan karena koneksi internet yang tidak stabil.
  4. Download generate prfill di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Silahkan tab pada menu "DATA PREFILL" dan cari salah satu link yang dapat dibuka. Jika tidak paham, coba perhatikan dibawah ini:
  5. Pindahkan kode prefill tadi kedalam folder Prefill_dapodik yang terletak disystem local disk C komputer. Lakukan registrasi seperti biasa seperti memasukana email, password, kode register dan jenjang sekolah.
  6. Registrasi berhasil. Periksa data siswa pada menu rombongan belajar/rombel karena pada anggota rombel tersebut telah dilakukan penghapusan oleh server pusat.
  7. Mapping kembali dan periksa nama-nama siswa tersebut kedalam rombel apakah di kelas 1, kelas 2, kelas 3 dan seterusnya.
  8. Apabila terdapat siswa yang berganda, sebaiknya keluarkan sesegera mungkin.
  9. Setelah semuanya sudah selesai, langkah terakhir adalah melakukan sinkronisasi.

Pada saat proses sinkronisasi selesai, silahkan periksa kembali data siswa yang berganda pada laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ dengan cara login sebagai operator sekolah.


Contoh diatas adalah siswa yang terdaftar didapodik, namun belum masuk kedalam rombongan belajar. Jika seperti itu perbaiki lagi dapodiknya dengan memasukan siswa tersebut kedalam rombongan belajar.

SUMBER: Langkah-langkah Perbaikan Sekolah Terdeteksi Siswa Berganda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar