Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Juknis Festival Lomba dan Olimpiade Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019

Bagi para guru yang ingin mendaftarkan anak didiknya dalam perlombaan seperti Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Olimpiade Siswa Nasional (OSN) tahun 2019, Ada baiknya membaca juknisnya atau panduan terlebih dahulu guna mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan.

Sedikit rangkuman yang saya informasikan mengenai perlombaan, festival, dan olimpiade tingkat sekolah dasar di tahun 2019:

A. Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) meliputi :

  1. Lomba menulis cerpen;
  2. Lomba baca puisi;
  3. Lomba cipta pantun;
  4. Lomba cipta syair; dan
  5. Lomba mendongeng

Waktu dan tempat penyelenggaraan Festival dan Lomba Literasi Nasional dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan tanggal 26 April tahun 2019 yang bertempat di Jakarta.

Untuk sumber dananya dibebankan pada APBN tahun 2019 yang dikelola oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar tahun 2019.

B. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) meliputi :

  1. Lomba menyanyi tunggal;
  2. Lomba seni tari;
  3. Lomba pantomim;
  4. Lomba membuat gambar bercerita; dan
  5. Lomba kriya anyam

Waktu dan tempat penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional dilaksanakan pada tanggal 15 september 2019 sampai dengan tanggal 21 September 2019. Untuk waktu pelaksaannya masih belum diketahui dan akan segera diberitahukan.

Pendanaan untuk seleksi ditingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi dibiayai dari APBD pada tahun anggaran 2019, sedangkan di tingkat nasional akan dibiayai pada APBN DIPA Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar tahun 2019.

C. Olimpiade Siswa Nasional (OSN) meliputi :

  1. Matematika; dan
  2. IPA;

Waktu dan tempat penyelenggaraan Olimpiade Siswa Nasional dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2019 sampai dengan tanggal 6 juli 2019 dan waktu pelaksaannya masih belum diketahui dan akan segera diberitahukan.

Pendanaan dibiayai oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melalui DIPA Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar tahun 2019.

D. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) meliputi :

  1. Atletik;
  2. Senam
  3. Renang;
  4. Bulu tangkis;
  5. Pencak silat; dan
  6. Karate.

Waktu dan tempat penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2019 sampai dengan 31 Agustus 2019 yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mengetahui tata cara pelaksanaan serta berkas apa saja yang dibutuhkan dari masing - masing lomba, festival maupun olimpiade tingkat SD ini silahkan unduh juknis atau juklaknya langsung pada link http://ditpsd.kemdikbud.go.id/

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar