Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Aplikasi Formulir BOS Reguler K7b

Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas mengenai kelengkapan Dokumen Pertanggungjawaban Keuangan BOS Reguler seperti adanya dokumen RKAS, Buku Kas Umum (BKU), Buku Kas Tunai, Buku Pembantu Bank dan Buku Pembantu pajak. Selain 5 komponen tersebut, bendaharawan sekolah perlu membuat realisasi laporan keuangan BOS dalam format K7 dan K7a serta register penutupan kas dan berita acara yang ditanda tangani oleh kepala sekolah (termasuk bendaharawan sekolah.

Sebetulnya pada artikel yang yang lalu yang berjudul Dokumen Pertanggungjawaban Keuangan BOS Reguler beberapa contoh dokumen yang bisa anda unduh. Namun fokus disini saya akan mencoba menjelaskan tentang cara pengisian pada aplikasi BOS K7b yang mungkin anda masih belum paham.

Cara pengisian format BOS K7b ini sangatlah mudah asalkan anda memiliki rekening koran dan laporan realisasi BOS yang berupa format K7a. Untuk mengisinya mari perhatikan pada tanda panah pada gambar dibawah ini:

DOWNLOAD
Download Aplikasi Formulir BOS Reguler K7b

Pada contoh diatas merupakan laporan per tahun anggaran, namun anda juga bisa menerapkannya dalam laporan triwulanan maupun per bulan.

Cara mengisi format BOS k7b

Seperti biasa pada kolom Input Biodata Sekolah, silahkan anda tuliskan nama lengkap kepala sekola dan bendaharawa sekolah disertai deng NIP yang bersangkutan.

  1. Input Penerimaan Dana BOS, Silahkan anda isikan nominal dana BOS yang diterima oleh sekolah (triwulan 1, triwulan 2, triwulan 3, dan triwulan 4). Hanya penerimaannya saja, untuk penerimaan dana lainnya seperti bunga bank tidak perlu diisi karena nanti akan otomatis terhitung.
  2. Input Saldo Awal, Pada kolom ini silahkan anda isi jumlah besaran saldo awal antara kas tunai dan kas bank (dipisah), apabila kas tunainya nihil atau nol, isikan saja dengan angka "0" (nol).
  3. Input Pengeluaran Dana BOS, Isikan jumlah total nominal yang telah dikeluarkan pertriwulan. Maksudnya sesuaikan dengan format BOS K7a (triwulan 1, triwulan 2, triwulan 3, dan triwulan 4).
  4. Input saldo bank, Isikan nominalnya sesuai dengan saldo akhir per 31 Desember 2018 yang ada di rekening koran.
  5. Input Penarikan Uang Tunai, Isikan dengan nominal uang yang ditarik mulai dari 01 januari 2018 sampai dengan 31 Desember 2018.

Jika semuanya sudah terisi, geser ke-sheet yang disebelahnya (Opname) dan cek kembali hasilnya apakah sudah cocok atau belum dengan yang ada di-BKU. Isikaan juga secara manual jumlah pecahan uang tunai yang dipegang oleh bendahara dan cocokan hasilnya dengan Buku KAS Tunai. Apabila tidak ada perbedaan (A-B) berarti sudah OK.

Masih kurang jelas?? Silahkan baca Cara Mengisi Formulir BOS K7b dengan Mudah (Register Penutupan Kas) yang disertai dengan contoh penulisan berita acara pemeriksaan kas (formulir BOS K7c).

Selamat mencoba..!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar