Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Aplikasi RKAS BOS Per Kode Rekening Simda

Pada postingan yang lalu tepatnya pada bulan Januari 2019, saya sendiri sebetulnya sudah membagikan aplikasi BOS dalam berbentuk excel yang masih sangat sederhana. Namun kali ini boleh dibilang merupakan aplikasi RKAS yang paling komplit dan sangat mudah untuk digunakan.

Aplikasi RKAS BOS SD/SMP/SMA pertama kali dipublish oleh admin http://opsacademy.online yang dikhususkan untuk tim input data kedalam aplikasi yang biasa dikerjakan oleh operator sekolah wilayah Kabupaten Bekasi saja. Kenapa saya sebut khusus tim input wilayah Kabupaten Bekasi? tentunya didalam aplikasi tersebut banyak sheet yang dilock seperti tidak dapat mengganti/merubah logo, nama Kabupaten, nama Tim Manajemen Bantuan Operasional tingkat Kabupaten, dan masih banyak lagi.

Oleh karena banyaknya sheet yang dilock sehingga menyebabkan anda kesulitan dalam mengganti logo maupun nama, maka izinkan saya sedikit membuka kuncian tersebut dan sedikit penambahan baris pada rincian belanja dari dana sipla yang ada pada profil sekolah yang menyebabkan ketidak cocokan data. Ketidak cocokan data akan menyebabkan fatal dan membuat strees termasuk saya sendiri tadinya. Karena ketidak cocokan itulah saya berinisiatif untuk mencari sumber kesalahan dengan membaca rumus yang ada pada aplikasi. Untuk database yang lainnya tidak ada yang diotak atik, masih sama seperti pada versi aslinya.

BACA JUGA : Aplikasi pengisian formulir BOS K7b dan K7c (Berita acara pemeriksaan kas)

Apabila ada pihak yang merasa terganggu terkait dengan postingan ini, silahkan hubungi saya melalui kontak atau kirimkan pesan di facebook saya. Maka akan segera saya hapus postingan ini. Postingan ini hanya bermaksud untuk memberikan pengetahuan kepada yang lain terutama rekan - rekan dari tim BOS Sekolah (OPS/bagian input data) yang masih kesulitan dalam menyusun RKAS per kode rekening.

Mengenai langkah - langkah dari cara pengisian aplikasi RKAS ini sepertinya sudah tidak perlu saya jelaskan kembali karena didalam aplikasi tersebut sudah disediakan panduan pengisian berupa video tutorial. Silahkan anda klik pada dashboard video tutorial cara penggunaan RKAS, pastikan anda memiliki koneksi internet.

Cara mengganti logo dan nama pada aplikasi RKAS

Bagi anda yang berada diluar wilayah kabupaten Bekasi dan ingin mencicipi aplikasi ini silahkan ganti nama dan logonya terlebih dahulu dengan nama dan logo wilayah masing - masing. Untuk membuka sheet, passwordnya adalah 123 dan perlu dicatat juga bahwa setiap kali melakukan refresh maka secara otomatis sheet akan terkunci kembali.

  1. Tab pada File, kemudian pilih "info" dan tekan pada Unprotect satu persatu. Maka akan muncul jendela unprotech sheet, silahkan anda tuliskan paswordnya: 123.
  2. Pada dasboard utama, pilih "Profil Sekolah". Untuk mengganti logo, silahkan tempelkan pointer tepat pada gambar tersebut, kemudian pilih opsi Format dilanjutkan kembali dengan memilih Change Picture. Silahkan cari logo daerah anda (Jika belum punya tinggal googling saja). Untuk mengganti nama tempelkan pointer pada cells "A11", silahkan tuliskan dengan nama instansi di wilayah anda. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
  3. Untuk mengganti logo dan nama pada tampilan RKA, caranya sama seperti pada nomor 2 (dua), hanya saja untuk penggantian nama tempelkan pointer pada cells "D2" dan untuk mengganti tahun anggaran tempelkan pointer pada cells "D3"

DOWNLOAD
Download Aplikasi RKAS BOS Per Kode Rekening Simda Keuangan

Dengan membuka kuncian sheets, keuntungan yang anda dapatkan yaitu anda dapat mempelajari alur rumus ngelink-nya kesheet mana saja. Namun kelemahannya yaitu apabila anda tidak hati - hati atau salah dalam menghapus rumus dapat menyebabkan error semuanya.

Untuk menampilkan formula bar, ketika anda membuka aplikasi RKAS agar formula bar-nya terlihat silahkan anda pancing dengan membuka lembar kerja excel baru dengan cara : Tab pada "file", pilih "New" dan pilih "Blank Workbook". Pada ribbon pilih "View" dan beri tanda centang pada bagian "Formula Bar". Dengan menampilkan formula bar, anda dapat mempelajari semua rumus yang ada pada aplikasi RKAS (RKA Sekolah).

Sekali lagi saya tekankan bahwa postingan ini hanya bermaksud berbagi pengalaman saja termasuk mempelajari rumus untuk menemukan bugs yang saya rasa dapat membuat stress apabila ada rumus yang error yang menyebabkan ketidak cocokan hasil input seperti kekurangan baris pada bagian rincian belanja dari dana silpa.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar