Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Proteksi File Microsoft Word (Password)

Salah satu bukti pentingnya memberikan pengamanan/proteksi pada dokumen/file microsoft word yaitu untuk melindungi file agar tidak sembarangan orang dapat mengubah maupun menambah isi dari file tersebut.

Sebut saja seperti contoh dalam mengirimkan file yang berupa laporan keuangan dalam bentuk soft copy, agar file anda aman dan tidak semua orang dapat mengubahnya maka jalan satu - satunya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan password. Hal ini dilakukan untuk menghindari orang - orang yang tidak bertanggung jawab terhadap file anda.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan atau Mengganti Nama Author di Microsoft Word

Untuk memberikan proteksi, anda tidak perlu menggunakan aplikasi/software apapun karena microsoft word sendiri sudah menyediakan fitur keamanan data.

Cara mengunci file Word agar tidak bisa diedit/dirubah

Cara mengunci file dimicrosoft word sangatlah mudah, anda bisa melakukannya seperti pada langkah - langkah dibawah ini:

  1. Pada contoh yang saya gunakan microsoft word 2010. Silahkan buka file word anda yang akan dikunci, kemudian pilih Review dan cari kata Restrict Editing,
  2. Beri tanda contreng pada Limit formatting to a slection of style dan pada Allow only this type of editing in the document. Untuk yang lainnya abaikan saja,
  3. Terakhir tekan tombol Yes, start Enforcing Protection. Maka akan tampil jendela baru. Silahkan anda tuliskan password penguncinya yang paling mudah diingat oleh anda. Tekan tombol OK.

Sekarang file anda sudah terlindungi dan tidak sembarangan orang dapat melakukan perubahan pada file anda.

Sangat mudah bukan? Selamat mencoba....!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar